Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Area Teduh dan Minim Cahaya

Kompas.com - 26/02/2022, 17:25 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Masalah yang umum dihadapi saat menanam tanaman hias ialah tanaman mati karena tidak mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Beberapa tanaman memerlukan sinar matahari langsung untuk dapat tumbuh dengan baik.

Namun berbeda dengan beberapa jenis tanaman berikut ini yang justru dapat tumbuh dengan baik di bawah naungan atau area teduh.

Untuk membuatnya tumbuh subur, kamu hanya perlu melakukan penyiraman secara rutin dan memangkas daun-daun yang kering.

Melansir dari Flower Power, Jumat (25/2/2022), jika kamu tak mendapatkan cukup sinar matahari di area rumah, sebaiknya pilih 7 jenis tanaman ini untuk menghiasi taman.

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Pekarangan Minimalis

Alpinia

Tanaman alpinia merupakan rumpun tanaman jahe asli (alpinia Caerulea) yang memiliki daun hijau dengan bunga berwarna putih dan buah berwarna biru.

Alpinia memiliki beragam jenis dengan bentuk yang beraneka ragam termasuk alpinia galanga dan shell ginger (A. Zerumbet). semua jenis tanaman alpinia bisa tumbuh 1-2 meter.

Baca juga: 6 Tanaman Hias Terbaik untuk Kamar Tidur

Pakis sarang burung

Tanaman ini merupakan tanaman wajib untuk rumah dengan area yang teduh karena sangat mudah tumbuh.

Namanya berasal dari bentuk daunnya yang tumbuh melingkar menyerupai sarang burung. Tanaman dengan bentuk daun mirip pedang ini dapat tumbuh hingga 1-3 meter.

Baca juga: Simak, Panduan Pemberian Pupuk Dasar untuk Tanaman Buah

Blue ginger

Tanaman blue ginger masih merupakan keluarga tanaman jahe dengan bunga cantik berwarna biru. Bunga dengan warna terang ini akan menjadi pusat perhatian pada area tamanmu.

Daunnya tumbuh dengan tegak seperti tongkat dengan warna hijau mengkilap. Batangnya bisa tumbuh hingga 1-3 meter.

Baca juga: Tips Memilih Kaleng Penyiraman untuk Tanaman

Bromeliads

Ilustrasi BromeliadsDavid Clode on Unsplash Ilustrasi Bromeliads

Salah satu primadona untuk taman yang tidak terkena sinar matahari langsung ialah tanaman bromeliads. Tanaman ini memiliki jenis beragam dengan warna dan bunga yang cantik.

Bunganya dapat mekar dalam waktu lama sehingga membuat taman terlihat subur dan indah. Kamu bisa menanam bromeliads langsung di tanah atau didalam pot.

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Putih pada Tanaman, Semprotkan Sabun Cair

Cordyline

Tanaman cordyline lebih dikenal dengan nama tanaman andong atau hanjuang. Banyak jenis cordyline yang membutuhkan sinar matahari langsung untuk tumbuh, namun jenis cordyline palm lily dapat tumbuh dengan baik di area teduh.

Tanaman ini memiliki buah mirip beri yang berwarna warni. Jika tumbuh dengan baik, cordyline bisa mencapai tinggi 3-4,5 meter.

Baca juga: Simak, Cara Menggunakan Pupuk NPK Mutiara agar Tanaman Tak Rusak

Ligularia

Tanaman ligularia tumbuh dengan baik di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Ia memiliki daun berwarna hijau mengkilap dengan bunga cantik berwarna kuning yang menyerupai bunga matahari. Tanaman ligularia bisa tumbuh sekitar 1-1,5 m dengan lebar daun mencapai 40 cm.

Baca juga: 15 Tanaman Dalam Ruangan yang Bisa Tumbuh Tanpa Sinar Matahari

Pohon pakis

Tanaman pohon pakis memiliki batang berukuran besar dan kuat dengan daun pakis yang rimbun. Pada habitat aslinya, tanaman pakis hidup di hutan lebat dengan banyak naungan dari pohon-pohon besar. Tanaman ini adalah pilihan yang tepat untuk taman yang tidak terkena matahari langsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com