Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Perawatan AC yang Dapat Dilakukan Sendiri di Rumah

Kompas.com - 24/02/2022, 18:11 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Perawatan rutin AC dapat membantu menjaga sistem tetap berjalan lancar selama bertahun-tahun serta memastikan sistem beroperasi pada efisiensi energi puncak.

Ada beberapa pemeliharaan dan perawatan AC yang perlu ditangani para ahlinya. Namun, ada pula sebagian perawatan AC yang dapat dilakukan sendiri di rumah

Dilansir dari Hunker, Kamis (24/2/2022), berikut beberapa perawatan AC yang dapat dilakukan sendiri. 

Baca juga: 5 Kesalahan Pemasangan AC yang Sering Dilakukan 

Jaga agar ventilasi tetap bersih

Ilustrasi AC atau pendingin ruangan.SHUTTERSTOCK/BUTSAYA Ilustrasi AC atau pendingin ruangan.
Salah satu tugas yang dapat dilakukan sepanjang tahun adalah memastikan furnitur, gorden, dan barang-barang lainnya tidak menghalangi ventilasi AC.

Ini juga merupakan ide baik untuk membersihkan bagian depan ventilasi setiap kali menyedot atau membersihkan debu. Biasakan memeriksa ventilasi setiap kali membersihkan AC untuk memastikannya bersih. 

Baca juga: 8 Perawatan AC yang Perlu Dilakukan agar Berfungsi Baik dan Tahan Lama

Bersihkan unit luar ruangan

Sebagian besar sistem pusat memiliki komponen luar ruangan yang menampung kompresor dan kondensor. Tugasnya adalah melepaskan panas yang terkumpul di dalam rumah ke luar ruangan.

Kipas mengedarkan udara di sekitar koil kondensor untuk mendinginkannya. Singkirkan daun, potongan rumput, dan kotoran lainnya dari bagian atas unit serta apa pun yang tersangkut pada sirip di sampingnya.

Kosongkan ruang 60 sentimeter di sekitar unit untuk membantu meningkatkan aliran udara dan membantunya bekerja lebih efisien. 

Baca juga: 5 Hal dan Sejarah tentang AC yang Perlu Diketahui Sebelum Memasangnya 

Bersihkan filter AC 

Ada filter udara yang terletak tepat sebelum unit blower menghilangkan kotoran di udara balik. Ikuti rekomendasi produsen produk untuk jadwal pembersihan filter AC ini. 

Untuk rumah yang berada pada cuaca hangat sehingga AC bekerja hampir sepanjang tahun, bersihkan filter setiap tiga bulan.  

Periksa termostat

Ilustrasi AC atau pendingin udaraShutterstock/Andrey_Popov Ilustrasi AC atau pendingin udara
Menyetel termostat AC pada suhu 25 derajat Celsius selama musim panas menggunakan lebih sedikit energi. Namun, ini menjadi hal sulit karena masalah kenyamanan pribadi.

Kenyamanan secara keseluruhan tergantung pada seberapa baik rumah itu tertutup, iklim setempat, dan pertimbangan lainnya. Namun, suhu 25 derajat Celsius adalah suhu baik untuk memulai. 

Baca juga: Kenali, Ini 8 Suara Aneh yang Dikeluarkan AC dan Penyebabnya 

Kapan menjadwalkan perawatan AC secara profesional

Sebagian besar pemilik rumah tidak dapat melakukan semua tugas pemeliharaan sendiri. Inspeksi tahunan dan penyetelan AC oleh kontraktor AC dapat memperpanjang umur AC.

Mereka akan memeriksa semua sambungan listrik dan melumasi bagian-bagian yang diperlukan. Bergantung pada sistemnya, berikut tugas yang dilakukan pihak profesional meliputi:

  • Memeriksa saluran pembuangan kondensat untuk memastikan tidak tersumbat dan bersihkan jika tersumbat. AC menghasilkan kondensasi yang harus mengalir keluar dari sistem. Saluran pembuangan yang tersumbat dapat merusak peralatan.
  • Memeriksa dan menyetel level refrigeran dalam sistem.
  • Membersihkan kumparan evaporator dan kondensor. Kumparan kotor mengurangi efisiensi sistem dan memperpendek umur unit.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com