Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Ungkap Anjing Peliharaan Mampu Mengenali Suara Pemiliknya

Kompas.com - 24/02/2022, 14:37 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comAnjing peliharaan tidak selamanya selalu berada di sisimu. Terkadang, mereka berada di ruangan berbeda, bahkan di halaman rumah.

Saat ingin ditemani dan kamu memanggilnya, kadang kala anjing peliharaan akan langsung menghampirimu. Perilaku ini mungkin membuat kamu bertanya, apakah anjing mengenali suara pemiliknya? 

Baca juga: Ketahui, Ini Perbedaan Memainkan dan Mengajak Anjing Bermain

Anjing peliharaan mengenali suara pemiliknya

Ilustrasi anjing mengenakan jaket pelindungUnsplash/Jamie Street Ilustrasi anjing mengenakan jaket pelindung

Dikutip dari Martha Stewart, Kamis (24/2/2022),  sebuah studi dari para peneliti di Eotvos Lorand University di Budapest, Hungaria, mengungkapkan, anjing peliharaan dapat mengenali pemiliknya meski hanya melalui suara.

Selain itu, para ahli juga menemukan bahwa anjing menggunakan beberapa sifat suara seperti yang dilakukan manusia.

Baca juga: 5 Tips Sebelum Memelihara Anjing, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Penelitian tentang anjing dan suara

Dalam melakukan riset, para ahli meneliti 28 pasang anjing dan pemiliknya. Mereka bermain petak umpat di dalam laboratorium.

Para pemilik anjing bersembunyi di balik salah satu dari dua blok yang diletakkan pada sisi yang berlawanan dari ruangan. Sementara itu, ada orang asing yang mengumpat di balik blok lainnya.

Setelah para manusia sudah benar-benar tersembunyi, pemilik anjing dan orang asing memanggil anjing dengan suara netral. 

Baca juga: 5 Tips Sebelum Memelihara Anjing, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Setiap pasangan anjing dan pemiliknya memainkan permainan ini beberapa kali, bersamaan dengan orang asing yang berbeda mencoba menarik perhatian anjing tersebut. 

Sebanyak 82 persen dari waktu tersebut mendapati para anjing peliharaan mampu mengenali suara pemiliknya meski suaranya sangat mirip dengan orang asing.

Baca juga: Kenapa Anjing Suka Mengejar Motor atau Mobil? Ini Penjelasannya

Model rambut choppy cropFREEPIK/STUDIO Model rambut choppy crop

Sifat vokal yang digunakan anjing

Namun, muncul pertanyaan lain. Mungkinkah para anjing peliharaan juga memanfaatkan indra penciuman untuk mengenali bau pemiliknya?

Untuk hal ini, para peneliti menggunakan rekaman suara selama dua putaran terakhir dalam riset tersebut.

Ada beberapa sifat vokal berbeda yang mungkin digunakan anjing peliharaan saat mencari suara pemiliknya.

Baca juga: Bisakah Anjing Mengenali Pemiliknya yang Mengenakan Masker?

Penulis utama penelitian, Anna Gabor, percaya bahwa anjing mirip dengan manusia. Anjing peliharaan bergantung pada nada, kebisingan, dan timbre untuk membedakan suara pemiliknya dengan orang asing.

Di awal permainan, para peneliti memberi setiap anjing waktu untuk mendengarkan suara-suara dari pemiliknya dan suara orang asing sebelum memilih.

Jika suara pemiliknya dan suara orang asing memiliki variasi dalam nada dan kebisingan, mereka lebih mudah dalam mencari orang yang tepat.

Lebih lanjut, biasanya anjing melihat ke arah yang diyakini sebagai lokasi tempat pemiliknya berada sebelum berlari ke sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com