Kompas.com - 21/01/2022, 19:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Pada musim hujan jamur cepat sekali menyerang, terutama rumah dengan area yang cukup lembab.

Tak hanya menyerang dinding dan lemari, jamur juga menyerang perabotan seperti karpet ruang tamu.

Karpet terbuat dari bahan yang mudah menyerap air dan kelembaban. Munculnya jamur pada karpet membuat aroma karpet menjadi tak sedap dan apek.

Jamur akibat lembab ini harus segera dibersihkan karena sangat berbahaya dan dapat menyebabkan alergi dan asma.

Melansir dari Love Your Rug, Jumat (21/1/2022), untuk membersihkan bau apek akibat jamur pada karpet kamu bisa menggunakan bahan alami yaitu cuka dan baking soda.

Baca juga: Cara Membersihkan Sisir Rambut dengan Baking Soda

Baking soda

Ilustrasi baking soda atau soda kue. Perbedaan baking soda dan baking powder kerap sulit dikenali.FREEPIK Ilustrasi baking soda atau soda kue. Perbedaan baking soda dan baking powder kerap sulit dikenali.

Baking soda adalah bahan alami yang ampuh mengikat bau baik pada sepatu, baju maupun karpet. Berikut langkah-langkah membersihkan karpet dengan baking soda.

1. Taburi permukaan karpet dengan baking soda. Buatlah lapisan baking soda yang cukup tebal dan banyak agar mampu mengikat aroma apek di karpet. Biarkan selama beberapa jam, namun untuk hasil maksimal kamu bisa membiarkannya selama semalaman.

2. Jika bau berasal dari dasar karpet, setelah di biarkan semalaman sikat karpet dengan menggunakan sikat genggam atau sapu dengan bahan kaku hingga mencapai serat karpet.

Baca juga: Mengapa Baking Soda Ampuh Menghilangkan Bau Tidak Sedap?

3. Hindari menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot bubuk baking soda dalam jumlah banyak, kamu hanya perlu mengibaskan karpet di luar ruangan. Setelah itu baru vacuum untuk memastikan tidak ada baking soda yang tersisa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.