Kompas.com - 21/01/2022, 18:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Paparan terik sinar matahari, hujan, angin, dan kondisi luar ruangan lainnya dapat memengaruhi keadaan dinding luar ruangan. Cat yang menutupi dinding eksterior dan permukaan trim menghadapi beberapa kondisi.

Beberapa produsen cat menyediakan ragam jenis cat yang tahan lama untuk keadaan eksterior, namun dalam kondisi tertentu atau jika persiapan dan pengaplikasiannya kurang ideal, ada sejumlah masalah umum yang akan terjadi.

Melansir dari The Spruce, Jumat (21/1/2022), memahami penyebab dan solusi untuk masalah umum dinding luar ruangan akan membantu Anda mengatasinya dengan cepat dan menghindarinya di masa mendatang.

Baca juga: Jangan Asal, Ini 5 Tips Memilih Warna Cat Eksterior Rumah

Ilustrasi ayunan di teras rumahUnsplash/Jessie McCall Ilustrasi ayunan di teras rumah

1. Cat melepuh

Cat yang melepuh ditandai dengan gelembung atau lepuh berukuran kecil hingga sedang di bawah lapisan film cat. Hal ini paling sering terlihat pada kayu berpihak dan trim.

Kemungkinan penyebabnya adalah sebagai berikut. 

  • Cat diaplikasikan di bawah sinar matahari langsung pada permukaan yang panas, yang menjebak uap pelarut karena cat mengering terlalu cepat.
  • Cat diterapkan saat kayu basah, menyebabkan kelembapan yang terperangkap untuk memperluas lapisan cat.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini agar Tak Salah Pilih Cat Dinding Eksterior Rumah

  • Embun, hujan, atau kelembapan yang sangat tinggi menembus setelah cat lateks kering—masalah umum jika cat lateks berkualitas lebih rendah atau jika persiapan permukaan substrat tidak memadai.

Perbaikan dan pencegahan

Kikis cat yang melepuh, dan amplas hingga kayu gundul. Biarkan kayu benar-benar kering sebelum dicat.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Spruce
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.