Kompas.com - 21/01/2022, 15:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain rumah yang bagus dan menarik tak cukup untuk membuat rumah tersebut aman bagi anak-anak.

Ada banyak area yang harus diperhatikan dengan baik demi keamanan anak, khususnya area tangga

Dilansir dari House Beautiful, Jumat (21/1/2022), sebuah survei independen yang dilakukan oleh Jackson Woodturners, perusahaan di bidang kayu dan khususnya terkait tangga rumah, mengungkapkan bahwa 20 persen orang tua menganggap tangga sebagai area yang harus diperhatikan di rumah untuk perlindungan anak.

Baca juga: 4 Ide Unik Memanfaatkan Tangga sebagai Dekorasi Rumah

Ilustrasi anak-anak bermain di area tangga. SHUTTERSTOCK/JACOB LUND Ilustrasi anak-anak bermain di area tangga.

Beberapa kondisi tangga yang dianggap tidak aman untuk anak-anak antara lain gerbang  tangga yang tidak pas tidak secara efektif mengamankan tangga, lantai dapat menimbulkan bahaya tersandung atau terpeleset, dan langkan atau pagar penghalang setinggi pinggang yang mungkin dalam kondisi buruk.

Untuk itu, agar tangga lebih aman untuk anak-anak, berikut hal yang harus diperhatikan. 

1. Gerbang tangga

Untuk memberikan keamanan ekstra pada anak di area tangga, Anda dapat membuat gerbang tangga di bagian bawah dan atas tangga.

Hal ini bisa diterapkan di jenis tangga apa pun, dan pilih gerbang yang paling pas dengan ukuran lebar tangga agar tangga tidak bisa diakses oleh anak-anak. 

Baca juga: 5 Tips Mendesain Anak Tangga yang Aman dan Ramah Anak

2. Lantai tangga

Setelah menaiki tangga, penting agar tidak ada bahaya tersandung atau terpeleset. Berikut adalah empat cara untuk membantu menjaga tangga tetap aman. 

  • Pastikan karpet tangga dalam kondisi baik. Perbaiki area yang berjumbai dan pastikan karpet terpasang dengan aman ke tapak tangga.
  • Jika tapak tangga dicat atau dipoles, tapaknya bisa licin di bagian bawah, terutama bagi mereka yang memakai kaus kaki. Selalu pastikan bahwa anak-anak memakai sandal atau bertelanjang kaki saat naik dan turun tangga.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.