Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2022, 13:23 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMesin cuci bukaan depan tak hanya memiliki tampilan cantik, tapi juga ragam manfaat yang dapat membantu mencuci pakaian dan membuat kamu pindah haluan dari mesin cuci bukaan atas. 

Lantas, apa saja manfaat menggunakan mesin cuci bukaan depan? Berikut Kompas.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/1/2022).

Baca juga: Amankah Mencuci Baju di Mesin Cuci Pakai Sampo?

Mudah digunakan pengguna kursi roda

Ilustrasi mencuci seprai dengan mesin cuci. SHUTTERSTOCK/SARAANNE Ilustrasi mencuci seprai dengan mesin cuci.

Untuk mereka yang kesulitan berdiri atau perlu duduk karena masalah keseimbangan, mesin cuci bukaan depan akan lebih mudah digunakan mengutip The Spruce.

Mesin cuci bukaan depan dapat membungkukkan tubuh untuk memasukkan atau mengeluarkan pakaian, kecuali mesin ditopang oleh beberapa kotak sehingga tingginya menjadi setara dengan pinggang.

Air tidak akan bocor

Meski pintunya berada di depan mesin, pengguna tidak perlu khawatir akan kebocoran air karena mesin jenis ini memiliki kunci khusus yang mencegah air untuk keluar.

Akan tetapi, hal ini membuatmu sulit untuk memasukkan pakaian tambahan untuk dicuci, kecuali kamu membeli mesin cuci bukaan depan terbaru yang memiliki pintu khusus untuk memasukkan pakaian.

Baca juga: Penyebab Mesin Cuci Bukaan Depan Bau dan Solusinya.

Teknik pencuciannya lebih halus

Ilustrasi mencuci pakaian, mengeringkan pakaian di mesin cuci. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi mencuci pakaian, mengeringkan pakaian di mesin cuci.

Umumnya, mesin cuci bukaan atas memiliki sebuah alat pada bagian bawahnya untuk memutar pakaian dengan cepat saat proses pencucian. Ini dapat menyebabkan pakaian lebih renta.

Baca juga: Simak, Ini Langkah Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Depan

Sementara itu mesin cuci bukaan depan menggunakan teknik pencucian yang menggerakkan pakaian naik-turun, mirip dengan teknik mencuci pakaian dengan tangan. Teknik ini lebih halus dibanding mesin cuci bukaan atas. 

Lebih menghemat ruang

Jika memiliki ruangan berukuran kecil, mesin cuci bukaan atas lebih memakan tempat karena tidak bisa menaruh barang-barang di atasnya, melainkan di sampingnya.

Sementara itu, mesin cuci bukaan depan dapat ditumpuk dengan barang lain seperti mesin pengering, entah itu pada bagian atasnya maupun bagian bawahnya.

Baca juga: 7 Cara Mudah Merawat Mesin Cuci Bukaan Depan

Menggunakan lebih sedikit energi

Mengutip US News, Energy Star mengungkapkan bahwa mesin cuci bukaan depan menggunakan lebih sedikit energi.

Sebab, teknik pencuciannya menggunakan air 50 persen lebih sedikit daripada mesin cuci bukaan atas karena memiliki mesin khusus pada bagian bawahnya.

Siklus putaran yang lebih cepat dari mesin cuci bukaan depan mengurangi waktu pengeringan sehingga menghemat energi. Secara keseluruhan, mesin ini menggunakan energi sekitar 45 persen lebih sedikit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com