Kompas.com - 21/01/2022, 12:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat berkunjung ke tempat spa atau hotel berbintang, tentu akan familiar melihat handuk yang bersih, lembut, dan harum. 

Hal ini tak jarang membuat kamu bertanya-tanya mengapa handuk di rumah tidak seperti di tempat spa atau hotel meski sudah dicuci dengan tepat? 

Melansir Real Simple, Jumat (21/1/2022), ada tujuh hal kesalahan mencuci handuk yang membuat handuk terlihat kusam, berbau apak, dan terasa kasar di kulit seperti berikut. 

Baca juga: Trik Melipat Handuk Rumah agar Rapi dan Cantik seperti di Tempat Spa

Ilustrasi handuk. PIXABAY/GENTELLE_LINEN Ilustrasi handuk.

Memilih detergen yang salah

Handuk mandi kerap dipakai pada bagian-bagian intim tubuh manusia serta dapat menangkap kotoran dan bakteri tubuh.

Untuk menghilangkan kotoran dan bakteri tubuh, gunaka detergen yang bekerja untuk noda berat. Pilih yang mengandung beberapa enzim seperti protase, amilase, dan selulase.

Sebab, enzim dapat memecah minyak dan noda untuk bisa dibuang bersama air cucian.

Baca juga: Cara Membersihkan dan Waktu yang Tepat Mencuci Handuk Kotor

Menggunakan pelembut kain

Jika handuk tidak bersih selama siklus pencucian, jangan tambahkan pelembut kain di siklus pembilasan. Pelembut kain dapat menjebak kotoran dan membuat handuk terlihat kusam.

Pelembut kain memang wangi untuk sementara waktu. Namun, selain menjebak kotoran, pelembut kain memiliki residu, yang juga menjebak bakteri penyebab bau yang akan muncul kembali saat handuk lembap.

Selain itu, pelembut kain melapisi serat handuk dan membuatnya menjadi kurang menyerap. Ganti pelembut kain dengan secangkir cuka putih suling.

Cuka putih suling dapat menembus semua residu detergen yang tertinggal pada serat sehingga handuk akan lembut dan kembali menyerap.

Baca juga: 6 Tips Merawat Handuk agar Tetap Lembut dan Bebas Apek

Ilustrasi handuk, mencuci handuk. SHUTTERSTOCK/MARYNA PLESHKUN Ilustrasi handuk, mencuci handuk.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.