Kompas.com - 21/01/2022, 17:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada satu spot yang mungkin sering lupa untuk dibersihkan ketika membersihkan rumah sehingga membuat menjadi spot paling kotor di rumah. 

Ryan Blaser menyampaikan, konsultan lingkungan dan spesialis radiasi elektromagnetik di Test My Home, mengataikan spot paling kotor di dalam rumah tersebut adalah kolong tempat tidur. Ini adalah tempat terbaik mengumpulkan debu

Baca juga: Cara Memilih Kasur yang Tepat, Pertimbangkan Tipenya

“Itu adalah tempat yang tidak terlalu sering dibersihkan. Orang-orang biasanya tidak terlalu sering memindahkan barang-barang di sanadan tempat itu menjadi sangat kotor,” tutur Blaser kepada Mind Body Green, Jumat (21/1/2022),

Ilustrasi tempat tidur. PIXABAY/JESSE BRIDGEWATER Ilustrasi tempat tidur.

Sampel kotoran di bawah tempat tidur ini kemudian dianalisis di laboratorium. Rupanya kotoran tersebut terdiri atas sel kulit mati, serat-serat yang putus, bagian tubuh serangga, spora jamur, dan pestisida.

Baca juga: Ketahui, Ini 4 Tanda Perlu Mengganti Kasur Setiap 8 Tahun Sekali

Ia menjelaskan, kotoran yang menumpuk di kolong tempat tidur dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat saat bangun tidur.

Lebih lanjut, kotoran itu juga dapat memberi dampak negatif pada kualitas tidur, yang akhirnya mempengaruhi kesehatan secara menyeluruh. 

Baca juga: 6 Trik Membuat Tempat Tidur Senyaman Kamar Hotel

Cara membersihkan kotoran di kolong tempat tidur

Untuk menghilangkan kotoran dari kolong tempat tidur, caranya cukup sederhana. Kamu hanya perlu rajin membersihkan area yang kerap diabaikan ini. 

Blaser mengatakan, untuk menyedot debu di bawah tempat tidur setidaknya seminggu sekali dapat dilakukan, terutama jika memiliki karpet yang cenderung menangkap lebih banyak debu.

Baca juga: Bisa Mengundang Tikus, Jangan Biarkan Hal ini Terjadi di Tempat Tidur

Sembari menghilangkan debu, kamu dapat mengatur dan menyortir barang-barang yang disimpan di bawah tempat tidur.

Supaya tempat tidur lebih bersih, terapkan juga ritual mencuci seprai setiap minggu. Sebab, tempat tidur juga menjadi salah satu sumber iritasi dan alergen yang sangat besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.