Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Menciptakan Tempat Tidur yang Nyaman dan Memberi Perlindungan

Kompas.com - 19/11/2021, 07:55 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur adalah salah satu ruangan di rumah yang digunakan orang untuk menghabiskan banyak waktu. 

Setidaknya, orang menghabiskan sekitar delapan jam untuk tidur atau berada di kamar tidur pada malam hari. Bahkan kamar tidur juga menjadi tempat melarikan diri, bersantai, dan merenung selain tidur. 

Baca juga: 5 Kamar Tidur Anak yang Terinspirasi dan Tokoh Kartun

Untuk itu, penting membuat kamar tidur, terutama tempat tidur, senyaman mungkin. Banyak orang bertanya-tanya apa yang membuat tempat tidur nyaman.

Soal kenyamanan tempat tidur ini, tentu bagi setiap orang berbeda-beda. Namun, apa pun gaya kenyamanan yang dipilih, berikut lima cara menciptakan tempat tidur yang nyaman dan memberi perlindungan dilansir dari Bobvila, Jumat (19/11/2021). 

Baca juga: Ingin Menata Kamar Tidur? Ikuti Aturan Feng Shui Ini  

Pilih material kain yang lembut

Ilustrasi kamar tidur, selimut, atau pencahayaan sconeUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi kamar tidur, selimut, atau pencahayaan scone
Jika ada satu kata yang paling sering dikaitkan dengan rasa nyaman adalah kelembutan. Untuk mencapai tingkat kelembutan yang lebih tinggi, gunakan tempat tidur bulu yang empuk sebagai fondasi tempat tidur Anda.

Selain itu, pilih seprai, selimut, dan sarung bantal dengan material lembut dan halus. 

Tidak perlu terlalu rapi

Kenyamanan datang dalam berbagai bentuk dan gaya. Bagi sebagian orang, menjadi nyaman benar-benar berarti melepaskan dan tidak khawatir menjadi terlalu sempurna.

Misalnya, tidak ada sudut atau bagian rumah yang terlalu terkoordinasi, hanya tempat tidur empuk yang menyelinap dari tepi dan mengundang Anda untuk masuk. 

Baca juga: 5 Tips Mencitpakan Kamar Tidur Anak yang Nyaman dan Rapi

Pilih lampu dengan pencahayaan redup

Ketenangan dapat dipupuk di luar batas tempat tidur. Tirai penggelap ruangan memberi Anda sedikit istirahat dari hiruk-pikuk di luar, bahkan jpada siang hari bolong.

Tambahkan banyak bantal untuk bersandar, menopang diri sendiri, dan merasa nyaman setiap kali perasaan bosan dan gundah menyerang. 

 

Seprai putih 

Rahasia mendapatkan tempat tidur nyaman cukup sederhana. Salah satunya, memilih menggunakan seprai putih yang lembut dan bersih.

Seprai putih bisa memberi kenyamanan dan ketenangan saat tidur atau bersantai di tempat tidur layaknya di hotel. 

Baca juga: 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mendekorasi Kamar Tidur Kecil

Desain perdesaan

Ilustrasi kamar tidur, kamar tidur SkandinaviaUnsplash/Spacejoy Ilustrasi kamar tidur, kamar tidur Skandinavia
Jika Anda cukup beruntung memiliki lingkungan alam yang indah untuk menenangkan diri, pikirkan tempat tidur sebagai perpanjangan dari lingkungan itu.

Caranya, buat rangka tempat tidur kayu perdesaan dan tempat tidur nyaman tanpa embel-embel akan membuat Anda merasa santai serta diperbarui.  

Baca juga: 5 Tips Menciptakan Kamar Tidur Vintage

Gunakan bahan rajut yang nyaman 

Saat memikirkan bahan yang nyaman untuk di tempat tidur, bahan selimut dan rajut mungkin muncul di benak perama kali.

Jadi, mengapa tidak menggabungkan tempat tidur dan bahan rajut? Pikirkan betapa nyamannya Anda dengan material rajut, lalu terjemahkan konsep itu ke tempat tidur Anda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com