Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2021, 07:27 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehidupan modern bisa membuat stres, tetapi ada salah satu cara untuk melepaskan diri dari ketegangan, yakni menciptakan kamar tidur vintage. 

Gaya atau dekorasi ala vintage sepertinya tak pernah mati. Meski menghandirkan sentuhan masa lalu, gaya vintage selalu diminati hingga sekarang ini. 

Menciptakan kamar tidur vintage membuat tampilan ruangan terlihat manis, menarik,  klasik, sekaligus memberi ketenangan lebih saat tidur. Ditambah, menciptakan kamar tidur vintage tidak memerlukan banyak biaya. 

Nah, dilansir dari My Decorative, Minggu (14/11/2021), berikut tips menciptakan kamar tidur vintage untuk beristirahat dan bersantai lebih nyaman. 

Baca juga: 5 Ide Inspirasi Kamar Tidur Bergaya Skandinavia

Gunakan pola dan tekstur vintage 

Dengan menggunakan pola halus, kain bertekstur, dan nuansa lembut bisa menghadirkan sentuhan glamor vintage secara instan ke kamar tidur.

Selain itu, pilih skema warna yang nyaman dan hangat seperti vanila atau karamel dengan lapisan bulu, rajutan, serta wol untuk menambah kenyamanan ekstra.

Pilih juga tirai renda untuk melengkapi tampilan vintage serta menyebarkan cahaya dengan indah untuk suasana yang lebih lembut dan privasi lebih besar. 

Menambahkan roller blind putih netral atau polos akan mencegah cahaya yang tidak diinginkan dan memastikan Anda tidur nyenyak tanpa mengganggu tema. 

Baca juga: 5 Inspirasi Kamar Tidur Warna Kuning yang Ceria

Pilih furnitur yang tidak cocok 

Ilustrasi kamar tidur vintageUnsplash/NeONBRAND Ilustrasi kamar tidur vintage
Salah satu cara termudah menciptakan gaya vintage di kamar tidur adalah memilih furnitur yang tidak serasi dengan warna yang sama.

Furnitur kayu yang hangat atau potongan-potongan yang dicat putih adalah pilihan yang sangat baik untuk kamar tidur.

Pilih barang-barang klasik seperti kursi goyang, nakas, ottoman, atau kursi ruang sekolah. Pastikan semuanya dalam warna serasi, lalu pasangkan dengan rangka tempat tidur logam tradisional dan kasur tempat tidur antik untuk menciptakan tampilan abad ke-19 yang otentik.

Jika memiliki dipan dan bukan rangka tempat tidur, Anda dapat menciptakan tampilan yang otentik dengan menambahkan sandaran kepala dari kayu atau besi tempa. 

Baca juga: 4 Warna Cat Dinding Terbaik dan Terburuk untuk Kamar Tidur 

Pilih lantai yang tepat

Lantai kayu adalah sentuhan akhir yang penting untuk setiap kamar tidur vintage. Lantai kayu menciptakan nuansa otentik, terutama saat dilengkapi dengan karpet retro.

Sebagai alternatif, pilih karpet dengan warna netral seperti krem, yang akan melengkapi furnitur dan penutup dinding bergaya tradisional tanpa membuatnya terlalu mencolok. 

Baca juga: Kamar Tidur Terasa Panas? Gunakan Cara Ini

Tambahkan beberapa penyimpanan hiasan

Penyimpanan adalah komponen kunci dari setiap kamar tidur, tetapi tidak perlu berkompromi dengan gaya vintage. Pilih meja konsol bergaya Prancis atau pilih meja rias mahoni dan cat dengan warna abu-abu atau putih pucat.

Kotak penyimpanan cermin menciptakan ruang ekstra, sementara sandaran tradisional menyediakan ruang tambahan agar tempat tidur atau aksesori tidak terlihat.  

Baca juga: 10 Cara Menciptakan Suasana Kamar Tidur yang Nyaman dan Santai

Aksesori dengan sentuhan warna-warni

Aksesori memberikan sentuhan akhir yang ideal untuk ruang apa pun, termasuk kamar tidur yang terinspirasi vintage.

Aksesori memiliki peran penting dalam menciptakan suasana dan lingkungan yang tepat. Selimut tambal sulam, bantal dalam kain retro, cetakan bunga, bantal rajutan, dan bahan berenda menambah tema sambil menambahkan tekstur dan gaya ekstra. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com