Kompas.com - 14/11/2021, 17:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Sebagai orang tua, perhatian Anda tentu tertuju pada sang buah hati. Tak hanya soal pendidikan, Anda pasti juga peduli tentang kenyamanan anak selama di rumah terutama di kamarnya sendiri.

Namun, menciptakan kenyamanan anak di kamarnya sendiri tentu memiliki tantangan. Tapi, Anda tak perlu khawatir, berikut ini 5 tips membuat kamar tidur anak yang nyaman dan rapi dilansir dari My Decorative, Minggu (14/11/2021).

Baca juga: 4 Ide Dekorasi Kamar Anak untuk Mendorong Kreativitas

Penataan

Seorang anak sekolah harus dapat berkonsentrasi dan fokus saat belajar di kamarnya, pakaian dan mainan yang berantakan tidak akan membuatnya betah.

Meskipun seharusnya menjadi tugas anak Anda untuk merapikan kamarnya, Anda tetap perlu menyediakan ruang untuk semua barang-barangnya.

Pastikan ruangannya cukup untuk menata dan menyimpan barang-barang agar tidak berserakan.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Mengubah Dekorasi Kamar Anak

Pilih perpaduan warna yang tepat

Warna dapat mempengaruhi cara kita merasa dan berpikir. Memilih warna untuk kamar tidur anak tidak bisa dianggap remeh. Menurut psikologi warna, ini adalah warna terbaik untuk kamar anak sekolah:

  • Biru – warna konsentrasi dan kedamaian
  • Kuning – warna kebahagiaan dan kehangatan
  • Hijau – warna alam dan ketenangan

Warna seperti merah atau ungu mungkin terlalu mengganggu dan menyebabkan beberapa emosi negatif pada anak Anda.

Baca juga: 6 Tips Menjaga Kamar Anak Tetap Bersih dan Rapi

Pencahayaan

Tidak ada yang lebih baik untuk konsentrasi dan rasa damai anak Anda selain kecerahan dan pencahayaan alami.

Untuk membuat ruangan senyaman dan senyaman mungkin, Anda perlu menemukan cara untuk mendapatkan cahaya sebanyak mungkin ke dalam kamar.

Misalnya dengan memasang jendela besar, mengecat langit-langit dengan warna putih, memilih lampu yang terang.

Baca juga: 5 Langkah Memberikan Keamanan di Dalam Kamar Anak

Buat area belajar

Karena anak Anda akan menghabiskan sebagian besar waktunya di kamarnya, Anda perlu membuatnya sesuai dengan kebutuhannya.

Belajar adalah sesuatu yang menjadi rutinitasnya. Buatlah ruangan atau area yang terpisah dari kasurnya agar ia lebih terkonsentrasi ketika mengerjakan tugas.

Baca juga: 12 Cara Mudah Dekorasi Kamar Anak Perempuan yang Beranjak Remaja

Area bermain

Tak hanya area belajar, anak-anak juga butuh area bermain untuk membuatnya merasa bahagia dan tidak suntuk selama di kamar. Anda bisa menempatkan maian kesukaannya di area khusus atau rak yang berbeda dnega buku pelajarannya.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.