Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Memasak, Ini 6 Manfaat Garam untuk Membersihkan Peralatan Rumah

Kompas.com - 14/11/2021, 15:43 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Garam dapur merupakan bumbu dapur yang penting untuk digunakan dalam kegiatan memasak. Namun, selain menjadi bumbu untuk memasak, ternyata garam dapur juga bisa diandalkan untuk berbagai hal tak terduga.

Dari membersihkan kerak permukaan kompor gas hingga wajan kusam, ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari garam dapur.

Dikutip dari akun Instagram @griinliving, Minggu (14/11/2021), berikut enam manfaat garam dapur untuk membersihkan peralatan di rumah

Baca juga: Cara Membersihkan Panci Gosong dengan Cola, Garam, dan Baking Soda

Membersihkan permukaan kompor gas

Garam dapat membersihkan noda maupun kerak yang ada pada permukaan kompor gas. Cukup campurkan garam dan cuka untuk dijadikan larutan pembersih, lalu masukan ke botol semprot.

Kemudian,  semprotkan larutan pada noda dan kerak yang ada pada permukaan kompor gas. Setelah itu,  diamkan larutan garam dan cuka beberapa saat dan gosok secara pelan-pelan hingga bersih. 

Baca juga: Cara Mencuci Pakaian agar Tidak Luntur dengan Garam Dapur

Membersihkan noda kopi dan teh pada cangkir

Cangkir yang dipakai sebagai wadah untuk kopi maupun teh sering kali menjadi kusam dan berubah warna. Namun, kamu bisa membersihkannya dengan ramuan pasta dari setetes sabun cuci piring yang dicampur garam.

Cuci cangkir seperti biasa menggunakan pasta sabun cuci piring yang dicampur garam dan keringkan. Jika noda membandel, campur cuka putih dengan garam dengan perbandingan 1:1 dan gosok cangkir dengan spons. 

Baca juga: 5 Manfaat Garam Epsom untuk Tanaman

Mencegah buah potong berubah warna

Garam juga bisa digunakan untuk mencegah perubahan warna pada buah potong. Caranya, tinggal campurkan setengah sndok garam dapur dengan satu liter air, lalu rendam buah potong selama tiga dan lima menit, dan tiriskan sekaligus bilas dengan air.

Menghilangkan noda di pakaian

Taburkan secukupnya garam di atas noda pakaian. Garam memiliki manfaat menyerap minyak agar noda tidak semakin menyebar. Diamkan garam di atas noda selama beberapa menit, setelah itu cuci pakaian seperti biasa. 

Baca juga: Cara Pemupukan Tanaman Cabai Menggunakan Garam Dapur

Membersihkan talenan

Taburkan permukaan talenan dengan garam da setengah perasan lemon untuk menghilangkan noda dan bau pada talenan. Untuk hasil terbaik, gosok talenan dengan gerakan memutar saat dibersihkan.

Membersihkan wajan kusam

Campurkan garam dan cuka, lalu oleskan pada permukaan wajan yang kusam dan hitam. Setelah itu, gosok perlahan permukaan wajan hingga bersih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com