Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Baking Soda Ampuh Menghilangkan Bau Tidak Sedap?

Kompas.com - 19/12/2021, 07:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah sejak lama baking soda atau soda kue dikenal sebagai bahan pembersih serbaguna. Selain itu, baking soda juga ampuh menghilangkan bau tidak sedap di rumah, mulai dari bau tempat sampah hingga kotak pasir kucing.

Namun demikian, mengapa baking soda ampuh menghilangkan bau tidak sedap? Dilansir dari Martha Stewart, Minggu (19/12/2021), berikut penjelasannya.

Menurut Alex Reed, salah satu pendiri Truman, alasan mengapa baking soda ampuh menyerap bau tidak sedap berkaitan dengan unsur kimia.

Baca juga: Cara Mengeringkan Karpet Basah dan Lembap dengan Baking Soda

Ilustrasi menghilangkan bau pada saluran air di dapur dengan baking soda. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi menghilangkan bau pada saluran air di dapur dengan baking soda.

"Kebanyakan bau bersifat asam, dan soda kue bisa menjadi penetral pH," kata Reed.

Sederhananya, bahan kimia dalam baking soda sangat cocok untuk menetralkan asam yang menyebabkan munculnya bau tidak sedap

Cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau tidak sedap

Untuk hasil terbaik, taburkan baking soda dalam lapisan tipis. Itulah sebabnya baking soda bekerja sangat baik dalam memerangi bau saat ditaburkan di bagian bawah tempat sampah atau di permukaan kotak pasir kucing.

Akan tetapi, fakta bahwa baking soda benar-benar harus disebar untuk melakukan tugasnya secara maksimal membuatnya kurang efektif sebagai penghilang bau di lemari es.

Baca juga: Cara Membersihkan Pintu Kaca Oven Berminyak dengan Baking Soda

"Soda kue di lemari es akan berdampak minimal pada bau jika sudut (kotak) dibiarkan terbuka. (Baking soda) perlu disebarkan lebih merata di permukaan untuk memiliki dampak yang berarti," jelas Reed.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com