Kompas.com - 21/01/2022, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Seiring bertambahnya usia, kucing memiliki perubahan dalam pola perilaku dan kebiasaannya.

Sama seperti manusia, saat kucing sudah mulai tua ia akan mengurangi kegiatan fisiknya dan lebih banyak duduk santai.

Pola perilaku ini biasanya didasari oleh keadaan fisik yang sudah melemah, lingkungan maupun faktor kesehatan lainnya.

Melansir dari Art City Vets, Jumat (21/1/2022), dengan mengetahui perubahan perilaku yang dialami kucing senior, kamu bisa membantunya untuk merasa lebih nyaman dengan memberikan pengobatan ataupun kenyamanan yang ia butuhkan.

Baca juga: Alasan Kucing Memiliki Kumis dan Hal yang Harus Dihindari

Perubahan kebiasaan buang air

Biasanya terjadi perubahan kebiasaan buang air pada kucing senior. Ia menjadi lebih sering buang air kecil dengan intensitas yang banyak.

Untuk itu sebaiknya lebih sering mengganti pasir di litter boxnya agar tetap bersih. Peningkatan volume urine ini seringkali merupakan tanda penyakit ginjal, diabetes dan hipertiroid.

Selain volume buang air yang bertambah, kucing yang sudah tua seringkali kesulitan untuk masuk ke dalam litter box nya dan sakit saat berjongkok.

Karenanya ia lebih sering buang air besar dan kecil diluar litter boxnya. Seringkali perubahan perilaku ini adalah akibat dari radang sendi yang sering menyerang kucing senior.

Baca juga: 4 Penyakit yang Mengintai Kucing Peliharaan Akibat Gigitan Kutu

Perubahan pola dan nafsu makan

Kucing tua lebih memilih tidur daripada beraktivitas.Unsplash/Tucker Good Kucing tua lebih memilih tidur daripada beraktivitas.

Saat kucing sudah mulai tua, ada 2 jenis perubahan nafsu makan yang mungkin dialami. Nafsu makannya bisa berkurang, namun juga bisa meningkat. Nafsu makan yang berkurang bisa menjadi tanda penyakit ataupun perubahan lingkungan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.