Kompas.com - 11/01/2022, 14:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampo bayi tidak hanya bisa digunakan untuk mencuci rambut bayi, tapi juga memiliki banyak kegunaan di rumah.

Melansir dari Apartment Therapy, Selasa (11/1/2022), berikut enam kegunaan sampo bayi untuk berbagai kebutuhan di rumah. 

Baca juga: Usir Serangga Tanaman Sayuran, Pakai Minyak Goreng hingga Sampo Bayi  

Membersihkan kuas makeup

Sampo bayi bekerja sangat baik membersihkan kuas makeup. Caranya, cukup celupkan kuas makeup yang kotor ke dalam air hangat dan teteskan sampo bayi secukupnya.

Selanjutnya, putar kuas makeup untuk mengeluarkan sebanyak mungkin minyak dan kotoran yang terperangkap dalam kuas, lalu bilas kuas dengan air hangat kembali untuk pembersihan menyeluruh. 

Baca juga: Tips Menghilangkan Noda Makeup di Pakaian 

Menghilangkan cat berbahan dasar air

Sampo bayi dapat menghilangkan noda cat berbasis air dari berbagai permukaan seperti material kulit dan pakaian

Menghilangkan noda keringat

Tak hanya itu, sampo bayi juga bisa menghilangkan noda keringat pada pakaian. Caranya, rendam kerah baju dan area ketiak yang terkena keringat dalam air yang telah diberi sampo bayi selama setengah jam sebelum mencucinya ke mesin cuci

Baca juga: Bolehkan Menggunakan Humidifier di Kamar Tidur Bayi? Ini Penjelasannya

Merawat bahan kulit

Mencari cara murah dan mudah untuk membersihkan sofa atau sepatu kulit? Sedikit sampo bayi dan kain lembap (tidak basah) bisa membersihkan bahan kulit, bahkan tanpa perlu membilasnya.

Selain itu, sampo bayi juga berfungsi sebagai kondisioner ringan yang akan membantu menjaga barang-barang kulit kesayangan tetap terlihat lebih bagus lebih lama.  

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diketahui Saat Memanaskan Makanan Bayi ke Microwave

Menjaga sweater agar tidak menyusut

Sampo bayi dapat mencegah sweater favorit Anda menyusut. Caranya, isi ember dengan air hangat dan dua sendok makan sampo bayi, lalu rendam sweater selama dua puluh menit.

Setelah itu, tiriskan dan jemur dengan meregangkan sweater agar tidak menyusut kembali ke bentuk aslinya. 

Baca juga: Simak, Cara Mencuci dan Merawat Pakaian Bayi

Alternatif detergen dalam keadaan darurat 

Ketika kehabisan detergen, Anda dapat mencuci pakaian menggunakan sampo bayi, tapi ini hanya bisa dilakukan pada beberapa pakaian seperti pakaian dalam.

Caranya, isi wastafel dengan air dana satu sendok teh kecil sampo bayi, lalu biarkan sampo bayi larut sebelum menambahkan pakaian untuk mencegah bercak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.