Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kegunaan Sampo Bayi untuk Berbagai Kebutuhan di Rumah

Kompas.com - 11/01/2022, 14:42 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampo bayi tidak hanya bisa digunakan untuk mencuci rambut bayi, tapi juga memiliki banyak kegunaan di rumah.

Melansir dari Apartment Therapy, Selasa (11/1/2022), berikut enam kegunaan sampo bayi untuk berbagai kebutuhan di rumah. 

Baca juga: Usir Serangga Tanaman Sayuran, Pakai Minyak Goreng hingga Sampo Bayi  

Membersihkan kuas makeup

Sampo bayi bekerja sangat baik membersihkan kuas makeup. Caranya, cukup celupkan kuas makeup yang kotor ke dalam air hangat dan teteskan sampo bayi secukupnya.

Selanjutnya, putar kuas makeup untuk mengeluarkan sebanyak mungkin minyak dan kotoran yang terperangkap dalam kuas, lalu bilas kuas dengan air hangat kembali untuk pembersihan menyeluruh. 

Baca juga: Tips Menghilangkan Noda Makeup di Pakaian 

Menghilangkan cat berbahan dasar air

Sampo bayi dapat menghilangkan noda cat berbasis air dari berbagai permukaan seperti material kulit dan pakaian

Menghilangkan noda keringat

Tak hanya itu, sampo bayi juga bisa menghilangkan noda keringat pada pakaian. Caranya, rendam kerah baju dan area ketiak yang terkena keringat dalam air yang telah diberi sampo bayi selama setengah jam sebelum mencucinya ke mesin cuci

Baca juga: Bolehkan Menggunakan Humidifier di Kamar Tidur Bayi? Ini Penjelasannya

Merawat bahan kulit

Mencari cara murah dan mudah untuk membersihkan sofa atau sepatu kulit? Sedikit sampo bayi dan kain lembap (tidak basah) bisa membersihkan bahan kulit, bahkan tanpa perlu membilasnya.

Selain itu, sampo bayi juga berfungsi sebagai kondisioner ringan yang akan membantu menjaga barang-barang kulit kesayangan tetap terlihat lebih bagus lebih lama.  

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diketahui Saat Memanaskan Makanan Bayi ke Microwave

Menjaga sweater agar tidak menyusut

Sampo bayi dapat mencegah sweater favorit Anda menyusut. Caranya, isi ember dengan air hangat dan dua sendok makan sampo bayi, lalu rendam sweater selama dua puluh menit.

Setelah itu, tiriskan dan jemur dengan meregangkan sweater agar tidak menyusut kembali ke bentuk aslinya. 

Baca juga: Simak, Cara Mencuci dan Merawat Pakaian Bayi

Alternatif detergen dalam keadaan darurat 

Ketika kehabisan detergen, Anda dapat mencuci pakaian menggunakan sampo bayi, tapi ini hanya bisa dilakukan pada beberapa pakaian seperti pakaian dalam.

Caranya, isi wastafel dengan air dana satu sendok teh kecil sampo bayi, lalu biarkan sampo bayi larut sebelum menambahkan pakaian untuk mencegah bercak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com