Kompas.com - 25/04/2021, 11:40 WIB
Ilustrasi noda pada pakaian. SHUTTERSTOCK/C APHIRAKIlustrasi noda pada pakaian.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika tengah asyik merias diri atau ber-makeup, tak jarang produk makeup terjatuh atau menempel di pakaian. Entah itu noda dari bedak, foundation, blush on, lipstik, hingga maskara. Meski sepele, tetap saja hal ini membuat kesal, terlebih bila terkena pada baju kesayangan.

Menghilangkan noda makeup di pakaian terbilang gampang-gampang susah. Setiap noda makeup yang menempel di baju memerlukan penanganan berbeda. Namun, kunci utamanya adalah bertindak cepat membersihkannya. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Make Up dari Masker Kain

Sebab, bila tak buru-buru, noda akan semakin sulit dihilangkan dan terus membekas di pakaian walau sudah dibersihkan, bahkan dicuci berkali-kali. “Secara umum, sebagian besar noda riasan dapat dihilangkan dengan bertindak secepat mungkin dan menggunakan deterjen berkualitas tinggi,” kata Jennifer Ahoni, ilmuwan senior di Tide, kepada Reader’s Digest. 

Ahoni pun tak ragu membagikan tips menghilangkan masing-masing noda makeup di pakaian. Nah, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini. 

Baca juga: 8 Kesalahan Saat Membersihkan Noda, Pakai Sabun hingga Air Panas

Powder Foundation

Powder foundation atau alas bedak tabur mengandung partikel lepas atau berwujud halus. Karena itu, kata Ahoni, perlu berhati-hati saat menghilangkan noda jenis ini dari permukaan kain karena secara tidak sengaja dapat membuat noda semakin menyebar. Berikut ini langkah membersihkannya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Kibaskan terlebih dulu powder foundation dari pakaian sebelum dibersihkan. Kemudian, sikat secara lembut sikat area yang terkena noda agar tidak mendorong alas bedak ke dalam serat kain.

2. Selanjutnya, guyur memakai air hangat melalui bagian belakang noda. Semakin tinggi tekanan air, semakin mudah menghilangkan noda. Setelah noda berkurang, cuci pakaian seperti biasanya menggunakan deterjen. 

Baca juga: Kenapa Ada Noda Putih pada Pakaian yang Baru Dicuci?

3. Aplikasikan deterjen cair secukupnya pada noda pakaian, lalu gosok secara lembut menggunakan sikat gigi berbulu halus dan biarkan selama 20 menit.

4. Setelah itu, tanpa membilas deterjen, masukkan pakaian ke dalam mesin cuci bersama pakaian lainnya. Cuci pada suhu terhangat yang direkomendasikan pada label perawatan. Jika noda masih ada, ulangi langkah ketiga dan keempat sebelum mengeringkan pakaian.

Lipstik

Lipstik adalah salah satu jenis noda riasan yang paling sulit dihilangkan dari pakaian. Hal ini karena produk kecantikan ini umumnya berbahan dasar minyak. "Lipstik mirip dengan minyak padat yang berfungsi seperti lem untuk mengikat banyak pigmen berwarna. Pigmen ini terutama tertarik pada serat sintetis, jelas Ahoni. 

Baca juga: Tips Menghilangkan Noda Tumpahan Kopi di Karpet

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X