Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usir Serangga Tanaman Sayuran, Pakai Minyak Goreng hingga Sampo Bayi

Kompas.com - 14/02/2021, 16:11 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam sayuran di rumah pasti memberikan manfaat yang besar bagi Anda sekeluarga. Sebab, Anda bisa mengendalikan sendiri kebersihan dan kesehatan sayuran yang dikonsumsi.

Dalam urusan berkebun di rumah, penting untuk mengendalikan hama, sehingga serangga-serangga yang lapar tidak bersarang dan merusak tanaman sayuran Anda. 

Meski begitu, pembasmi hama atau pestisida kerap kali mengandung bahan-bahan berbahaya yang menyisakan residu kimiawi pada sayuran. Namun, jangan khawatir, sebab Anda bisa membuat sendiri pestisida untuk tanaman sayuran Anda. 

Baca juga: Kapan Harus Gunakan Semprotan Pestisida? Berikut Penjelasannya

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Minggu (14/2/2021), berikut bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat pestisida bagi tanaman sayuran di rumah. 

1. Semprotan minyak

Untuk mengusir serangga penghisap getah yang mengganggu, seperti kutu daun, thrips, tungau laba-laba, dan lalat putih, buatlah semprotan minyak buatan sendiri dengan 1 sendok makan sabun cuci piring dan 1 cangkir minyak goreng dari botol minyak yang baru dibuka.

Cairan pekat ini harus dicampur dengan air sebelum digunakan dengan perbandingan 4 sendok teh campuran minyak dengan 1 liter air.

Sampai Anda siap menggunakannya, simpan campuran minyak pekat di dalam toples kaca di tempat yang gelap, kering dan sejuk.

Baca juga: Mengenal Minyak Nimba, Pembasmi Hama Tanaman Secara Alami

Oleskan kabut bebas dari semprotan minyak buatan sendiri ke sayuran setiap tujuh hari sekali untuk mengendalikan hama secara menyeluruh.

2. Semprotan sampo bayi

Sampo bayi lembut dan mengandung sedikit bahan kimia. Sampo bayi juga dapat digunakan sebagai semprotan untuk membantu mengendalikan hama umum pada tanaman dalam dan luar ruangan, termasuk kutu daun, lalat putih, sisik, thrips dan tungau laba-laba.

Buat semprotan pestisida sampo bayi dengan mencampurkan 2 sendok makan sampo bayi dengan 1 galon air.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com