Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Khawatir, Kucing Bisa Pulang Setelah Hilang Bertahun-tahun

Kompas.com - Diperbarui 12/05/2023, 19:19 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Pet MD

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain memiliki tingkah yang lucu, kucing memiliki kemampuan yang unik, yakni bisa menemukan jalan pulang ke rumah pemiliknya setelah tersesat.

Meski tidak diketahui pasti cara kerjanya, bukti ilmiah menunjukkan bahwa kucing menggunakan medan geomagnetik bumi yang dikombinasikan dengan isyarat aroma untuk menemukan rumah pemiliknya.  

Baca juga: Hati-hati, 8 Hal ini Harus Diwaspadai dari Kucing Galak

Dilansir Pet MD, penelitian yang dilakukan pada tahun 1954 menempatkan kucing dalam labirin yang sangat besar untuk melihat apakah kucing dapat keluar dari labirin dan pulang ke rumahnya.

Ilustrasi kucing Bombay.Shutterstock/Viktor Sergeevich Ilustrasi kucing Bombay.

Ternyata kebanyakan kucing bisa keluar dari labirin yang paling dekat dengan lokasi rumahnya. Semua kucing memiliki naluri untuk pulang, baik kucing di dalam ruangan, luar ruangan, maupun kucing jalanan.

Namun, hanya beberapa kucing yang memiliki naluri lebih kuat daripada kucing lain dan dapat mengikuti jejak pulang dengan lebih efektif. 

Baca juga: 6 Tips Membuat Kucing Lebih Bersahabat dan Menyenangkan 

Bisakah kucing menemukan jalan kembali ke rumah baru? 

Jika kucing peliharaan menghilang saat pindah rumah atau tidak lama setelah pindah, kemungkinan besar sahabat bulu belum cukup menetap untuk menganggap tempat baru sebagai rumah.

Beberapa kucing akan menyadari setelah beberapa hari bahwa itu adalah rumah baru mereka, tetapi kucing lain membutuhkan waktu lebih lama.

Baca juga: Cara Merawat Anak Kucing yang Ditelantarkan Induknya

Jika kucing menganggap tempat baru sebagai rumahnya, artinya kucing telah "menghafal" peta magnet sehingga dapat kembali ke rumah baru Anda.

Halaman:
Sumber Pet MD


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com