Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal 5 Jenis Motif dan Warna Bulu Kucing, Apa Saja?

Kompas.com - 11/12/2021, 16:00 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Pernahkan kamu memperhatikan saat kucing peliharaanmu melahirkan? Seringkali anaknya memiliki perpaduan warna bulu dari induknya, namun dengan motif yang berbeda.

Meskipun berasal dari ras yang sama, kucing memiliki kepribadian dan warna bulu yang berbeda .

Selain panjang dan tekstur bulu, motif dan warna pada bulu kucing juga dipengaruhi oleh genetik.

Bahkan pada beberapa jenis kucing, warna bulu sering dikaitkan dengan kepribadian kucing. Seperti kucing dengan warna bulu oranye yang dikenal sangat berani dan galak seperti preman

Melansir dari Base Paws, Sabtu (11/12/2021), warna dan motif pada bulu kucing dikelompokkan menjadi 5 tipe yaitu tabby, solid, bicolor, tricolor dan colorpoint.

Baca juga: Alasan Kucing Membuka Mulut Setelah Mengendus Sesuatu

Tabby

Tabby adalah pola atau motif yang umum ditemui pada bulu kucing. Ada 4 varietas utama pada pola tabby yaitu mackerel, blotched, spotted dan ticked.

  • Tabby mackerel: motif ini membentuk garis-garis bulu berwarna gelap yang memanjang secara vertikal pada tubuh kucing.
  • Tabby blotched: motif ini membentuk pola garis, lingkaran dan pusaran pada bagian ekor.
  • Tabby spotted: umumnya jenis tabby ini tidak memiliki pola dan warna yang teratur, berbentuk bintik-bintik dengan warna berbeda pada bulu. Jenis tabby spotted yang populer adalah maine coon dan bengal.
  • Tabby ticked: warna pada bulu membentuk gradien dari warna terang di bagian bawah dan gelap dibagian ujungnya. Jenis ras yang populer dan memiliki motif bulu tabby ticked adalah Somali dan Abyssinian.

Baca juga: Penyebab Kucing Peliharaan Buang Air Sembarangan dan Cara Mencegahnya

Solid

Kucing yang hanya memiliki 1 warna bulu tanpa motif adalah jenis kucing dengan bulu solid. Mungkin beberapa warna kucing solid yang pernah kamu jumpai adalah kucing dengan warna bulu putih dan hitam.

Beberapa ras kucing yang cenderung memiliki bulu dengan warna solid adalah Anggora putih dan british shorthair dengan warna abu-abu.

Baca juga: Bukan Lihat Hantu, Ini Alasan Kucing Menatap ke Dinding Kosong

Bicolor

Kucing hitam putih disebut juga sebagai Moo Cat.Unsplash/Robert Stemler Kucing hitam putih disebut juga sebagai Moo Cat.

Bicolor merupakan kucing belang yang memiliki 2 variasi warna, biasanya terdapat pada kucing ras campuran.

Kombinasi warna yang sering ditemukan adalah oranye - putih dan hitam - putih atau yang dikenal dengan tuxedo cat. Kucing dengan warna bicolor terkenal aktif dan pandai.

Baca juga: Muncul Bintik-bintik Hitam pada Hidung Kucing, Berbahayakah?

Tricolor

Kucing tricolor memiliki perpaduan warna hitam, oranye dan putih, di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan belang telon.

Apakah kamu pernah mendengar mitos tentang kucing dengan warna belang 3? menurut mitos seluruh kucing yang belang 3 adalah kucing betina.

Menurut penjelasan secara ilmiah, ini terjadi karena hanya 1 kromosom X yang dimiliki oleh kucing jantan sehingga mereka tak bisa memiliki 3 warna yang dominan.

Baca juga: Hidung Kucing Berubah Warna, Perlukah Khawatir?

Colorpoint

Kucing dengan jenis bulu colorpoint memiliki bulu berwarna terang dengan beberapa titik fokus berwarna gelap pada bagian tubuhnya seperti wajah, kaki, hidung, telinga dan ekor.

Warna gelap di beberapa area tubuh ini membuatnya terlihat kontras dengan bulu yang berwarna terang.

Warna colorpoint adalah warna yang cukup langka dan telah berkembang karena adanya mutasi genetik.

Mutasi genetik ini pula yang menyebabkan kucing colorpoint memiliki mata biru yang indah. Beberapa jenis kucing yang memiliki warna bulu colorpoint adalah siam, ragdoll dan himalaya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com