Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2021, 15:17 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Sama seperti manusia, kucing memiliki alergi pada beberapa benda yang mereka makan, sentuh ataupun hirup.

Gejala alergi pada kucing juga memiliki kemiripan dengan alergi yang dialami manusia loh! Seperti bersin-bersin, mata gatal berair, muntah dan lainnya.

Saat kucing mengalami alergi tak hanya mempengaruhi fisiknya, hal ini juga membuat kucing menjadi lebih pendiam dan tidak berperilaku seperti biasanya.

Melansir dari Pets Web MD, Minggu (5/12/2021), ada beberapa jenis alergi yang umum dialami oleh kucing; lingkungan, kutu, makanan dan alergi musiman.

Baca juga: Tampak Sepele, Jangan Abaikan 4 Hal Ini pada Kucing dan Anjing

Alergi pada lingkungan

Lingkungan tempat tinggal kucing dapat menjadi salah satu penyebab kucing mengalami alergi.

Pada lingkungan lembab misalnya, kucing dapat mengalami alergi pada jamur. Selain itu kucing juga dapat mengalami alergi akibat serbuk sari, rumput, parfum dan rokok.

Baca juga: 7 Hal yang Menyebabkan Masalah Pencernaan pada Kucing

Alergi kutu

Tidak semua kucing mengalami alergi pada kutu, namun untuk kucing yang memiliki alergi ini tentu sangat menyiksa saat kutu mulai menggigit kulit mereka.

Air liur yang ditinggalkan kutu saat mereka menggigit kucing dapat menyebabkan reaksi alergi. Sebaiknya bawa kucing ke dokter hewan agar kucing terhindar dari masalah kutu.

Baca juga: 8 Hal yang Menyebabkan Anak Kucing Hiperaktif

Alergi makanan

Kamu tentu tidak menyangka kalau kucing bisa mengalami alergi makanan, namun alergi ini tentu tidak dialami semua kucing.

Ada beberapa jenis makanan yang memicu alergi pada kucing seperti telur, susu, tuna bahkan ayam. Alergi pada makanan dapat menyebabkan kucing muntah dan mengalami diare.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing yang Suka Memindahkan Anaknya

Dermatitis Atopik

Saat kucing mengalami alergi, tubuhnya sering bereaksi dengan kondisi kulit yang disebut dermatitis atopik. Dengan kondisi ini, kucing mungkin mengalami luka kulit, bulu rontok, dan kemerahan.

Apa yang sebaiknya dilakukan saat kucing mengalami alergi?

Jika kamu merasa kucing peliharaan mu memiliki alergi, sebaiknya bawa kucing peliharaan mu ke dokter segera.

Karena ada banyak jenis alergi yang bisa dialami kucing, dokter hewan akan memeriksa dan memberikan diagnosis dan menentukan perawatan yang tepat.

Baca juga: 3 Penyebab Anak Kucing Sering Bersin

Biasanya dokter akan melakukan tes darah dan tes pada kulit. Dokter akan mengambil sampel darah dan memeriksanya di laboratorium.

Sedangkan untuk tes pada kulit, dokter akan memberikan suntikan pada kulit dan memberikan penanganan sesuai dengan reaksi pada kulit kucing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com