Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Khawatir, Kucing Bisa Pulang Setelah Hilang Bertahun-tahun

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain memiliki tingkah yang lucu, kucing memiliki kemampuan yang unik, yakni bisa menemukan jalan pulang ke rumah pemiliknya setelah tersesat.

Meski tidak diketahui pasti cara kerjanya, bukti ilmiah menunjukkan bahwa kucing menggunakan medan geomagnetik bumi yang dikombinasikan dengan isyarat aroma untuk menemukan rumah pemiliknya.  

Dilansir Pet MD, penelitian yang dilakukan pada tahun 1954 menempatkan kucing dalam labirin yang sangat besar untuk melihat apakah kucing dapat keluar dari labirin dan pulang ke rumahnya.

Ternyata kebanyakan kucing bisa keluar dari labirin yang paling dekat dengan lokasi rumahnya. Semua kucing memiliki naluri untuk pulang, baik kucing di dalam ruangan, luar ruangan, maupun kucing jalanan.

Namun, hanya beberapa kucing yang memiliki naluri lebih kuat daripada kucing lain dan dapat mengikuti jejak pulang dengan lebih efektif. 

Bisakah kucing menemukan jalan kembali ke rumah baru? 

Jika kucing peliharaan menghilang saat pindah rumah atau tidak lama setelah pindah, kemungkinan besar sahabat bulu belum cukup menetap untuk menganggap tempat baru sebagai rumah.

Beberapa kucing akan menyadari setelah beberapa hari bahwa itu adalah rumah baru mereka, tetapi kucing lain membutuhkan waktu lebih lama.

Jika kucing menganggap tempat baru sebagai rumahnya, artinya kucing telah "menghafal" peta magnet sehingga dapat kembali ke rumah baru Anda.

Namun, kemungkinan besar kucing juga masih bisa kembali ke rumah lama Anda, terutama bila telah tinggal lama di rumah tersebut.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah laporan yang mengungkapkan bahwa sebanyak 30 persen kucing akan mencoba dan kembali ke rumah mereka sebelumnya.

Bisakah kucing menemukan jalan pulang setelah bertahun-tahun menghilang? 

Ya, kucing dapat kembali ke rumah berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun setelah mereka berkeliaran atau tersesat.

Menurut proyek Lost Pet Research, ada laporan tentang kucing yang menempuh jarak 80-128 kilometer dalam waktu 2,5 tahun, 61 kilometer dalam enam bulan, 48 kilometer dalam 10 hari, dan 32 kilomter dalam 21 hari.

Jadi, jika kucing Anda hilang, tetaplah berharap. Selain itu, lakukan pemeriksaan ke tempat penampungan hewan dan periksa di rumah Anda yang lama. 

Alasan kucing kabur dari rumah

Kucing meninggalkan rumah karena berbagai alasan, tetapi mereka jarang “melarikan diri”. Berikut beberapa alasan kucing mengembara: 

Apabila ada hewan atau orang baru di rumah, segera memeriksa rumah besar-besaran. Sebab, beberapa kucing akan memutuskan mencari wilayah yang lebih tenang saat ada kucing atau orang baru di rumah. 

Apa kucing bisa mati saat pergi dari rumah?

Beberapa orang bertanya-tanya apakah kucing pergi dari rumah untuk mati atau mengetahui bahwa kucing sedang sekarat. Kenyataannya adalah kucing tidak pergi dari rumah karena tahu bahwa mereka akan mati. 

Ketika sedang tidak enak badan, kucing biasanya mencari tempat yang tenang dan aman. Semakin sakit, semakin kucing merasa membutuhkan keamanan.

Namun, Anda tidak perlu mengkhawatirkan kondisi kucing ini. Sebab, jika tidak ada yang tahu kucing sakit dan di mana berada, kucing seharusnya dalam keadaan aman. 

Biasanya, kucing yang sakit tidak pergi jauh dari rumah. Sebaliknya, kucing mencari tempat terdekat yang paling tenang dan paling aman yang dapat ditemukan.

Jika kucing terlalu lemah untuk mendapatkan makanan atau berjalan pulang lagi, kemungkinan kucing bisa mati di tempat itu. Kucing mampu pulang ke rumah saat mereka hilang atau tersesat, tetapi sebaiknya jangan hanya mengandalkan hal ini.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/16/091400176/jangan-khawatir-kucing-bisa-pulang-setelah-hilang-bertahun-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke