Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/12/2021, 11:51 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Memelihara kucing dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kita. Selain menghilangkan stres, memelihara kucing juga dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan memberikan ketenangan.

Beberapa jenis kucing berbulu panjang memiliki masalah dengan kerontokan bulu. Bulu kucing peliharaan yang menempel di perabot rumah bisa jadi malah membuatmu semakin stress.

Untuk menghindari ini sebaiknya sisir bulu kucing secara rutin agar masalah bulu rontok dapat teratasi.

Melansir dari Litter Robot, Minggu (11/12/2021), kucing memiliki jenis bulu yang berbeda, karenanya berbeda pula jenis sisir yang dibutuhkan.

Baca juga: Mengenal 5 Jenis Motif dan Warna Bulu Kucing, Apa Saja?

Jenis bulu kucing

Tentunya tidak semua jenis kucing memiliki jenis bulu yang sama. Untuk itu sebaiknya ketahui jenis bulu kucing peliharaan sebelum memilih sisir grooming untuk kucing. Ada 4 jenis bulu kucing yang umu ditemui di antaranya: 

  1. Long haired cat: kucing berbulu panjang biasanya memiliki panjang bulu 2 sampai 5 inchi. Jenis bulu ini paling mudah kusut dan rontok. Beberapa ras kucing berbulu panjang adalah Persia, Maine coon, dan Siberia.
  2. Short haired cat: kucing dengan bulu pendek memiliki panjang bulu sekitar 2 inchi, membuatnya sangat mudah untuk dirawat. Jenis kucing berbulu pendek diantaranya American shorthair, Bengal, Russian Blue
  3. Curly haired cat: jenis bulu kucing ini mudah dirawat karena tidak mudah rontok. Kucing ras ini memiliki bulu keriting akibat dari rekayasa genetik, diantaranya Devon Rex, LaPerm, dan Selkirk Rex.
  4. Hairless cat: jenis kucing tanpa bulu ini bukan berarti mereka botak, mereka memiliki bulu halus yang menyerupai suede. Jenis kucing ini cocok dipelihara di iklim yang hangat dan sebaiknya sering dimandikan karena kulitnya yang memproduksi minyak.

Baca juga: Menyisir Bulu Kucing Bermanfaat untuk Kesehatan Anabul, Apa Saja?

Tipe sisir grooming kucing

Setelah mengetahui jenis bulu kucing peliharaan, kamu bisa menentukan jenis sisir apa yang pas untuk bulu kucingmu.

1. Slicker brush

Jenis sisir ini cocok untuk kucing dengan bulu sedang dan panjang. Nah kalau kucing peliharaanmu seringkali mengalami bulu yang kusut, kamu bisa menggunakan sisir slicker brush. Sisir ini memiliki sisi melengkung yang berguna untuk menghilangkan kotoran dan bulu yang rontok.

2. Dual sided brush

Sesuai dengan namanya, sisir ini memiliki 2 sisi dengan 2 jenis sisir berbeda. Sisir jenis ini cocok untuk kucing dengan panjang bulu pendek dan sedang. Di 1 sisi sisir ini memiliki permukaan bergerigi yang cocok untuk menghilangkan kusut, di sisi lainnya terdapat sisir dengan bulu sikat yang lembut yang bisa mensirkulasi minyak alami yang ada di tubuh kucing.

Baca juga: Tips agar Bulu Kucing Berwarna Putih Tetap Bersih

3. Mitt brush

Berbeda dengan sisir pada umumnya, sisir mitt brush berbentuk seperti sarung tangan yang dilengkapi dengan gerigi berbahan silicon. Dengan menggunakan sisir ini kucing yang tidak menyukai sisir akan merasa tenang seperti sedang di elus. Jenis sisir ini sangat ampuh untuk menghilangkan bulu-bulu rontok dan kotoran yang menempel.

4. Bristle brush

Sisir bristle berbentuk seperti sikat dengan pegangan sehingga mudah digunakan. Sisir jenis ini dapat membersihkan bulu kucing sekaligus meratakan minyak alami di tubuh kucing keseluruh tubuhnya. Ada 2 jenis sisir bristle yaitu dengan panjang gigi sisir sama rata dan tidak sama rata. Gunakan gigi sisir rata untuk bulu kucing berukuran sedang dan pendek, untuk kucing dengan bulu panjang kamu bisa menggunakan sisir dengan gigi yang tidak rata.

Baca juga: Penyebab Alergi Kucing dan Cara Mengurangi Bulu Kucing di Rumah

5. Dematting brush

Sisir dematting di desain untuk menghilangkan bulu yang rontok di permukaan bulu kucing. Sisir ini idealnya digunakan untuk kucing bulu panjang dan keriting karena memiliki sikat yang renggang.

6. Shedding comb

Sisir jenis ini sangat cocok digunakan untuk kucing dengan bulu yang panjang. Jika kamu memiliki kucing dengan bulu pendek dan sedang, gunakan sisir shedding dengan gigi sisir yang rapat. Namun, untuk kucing berbulu panjang, kamu bisa menggunakan gunakan sisir dengan gigi sisir renggang.

Baca juga: 4 Faktor yang Membuat Bulu Kucing Berubah Warna

7. Wide tooth brush

Sisir dengan gigi lebar sangat efektif untuk mengurangi kusut pada bulu kucing. Kamu bisa menggunakan jenis sisir ini untuk kucing dengan bulu panjang dan keriting.Dengan menggunakan sisir jenis ini, kamu dapat menyisir kucing tanpa membuat kucing merasa kesakitan karena bulu yang tertarik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com