Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyisir Bulu Kucing Bermanfaat untuk Kesehatan 'Anabul', Apa Saja?

Kompas.com - 09/12/2021, 19:11 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Secara alami, kucing adalah hewan yang menyukai kebersihan. Kamu pasti sering menemukan kucing sedang menjilati bulunya seakan-akan sedang mandi.

Namun ada beberapa kucing yang terlalu malas untuk melakukan ini. Tenang, kamu bisa membantunya dengan menyisirnya menggunakan sisir khusus bulu kucing setiap harinya.

Menyisir bulu kucing dapat memberikan banyak manfaat bagi hidup kucing. Kamu juga bisa membangun ikatan emosional yang lebih erat dengan kucing peliharaanmu.

Melansir dari Preventive Vet, Kamis (9/12/2021), berikut manfaat menyisir bulu kucing secara teratur.

Baca juga: Tips agar Bulu Kucing Berwarna Putih Tetap Bersih

Mengurangi hairball

Hairball seringkali terjadi pada jenis kucing yang memiliki bulu yang lebat dan panjang. Dengan menyisirnya secara teratur, kamu bisa mengurangi kucing peliharaan tersedak bola bulu. Pada kasus yang serius, hairball dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Mengurangi bulu-bulu yang rontok

Masalah yang sering dihadapi saat memelihara kucing adalah bulu-bulu kucing yang berterbangan di rumah. Bulu-bulu ini seringkali menempel pada sofa, karpet maupun baju dirumah. Dengan menyisir bulu kucing minimal 1 hari sekali, kucing akan terhindar dari kerontokan bulu.

Baca juga: Penyebab Alergi Kucing dan Cara Mengurangi Bulu Kucing di Rumah

Terhindar dari masalah kutu

Dengan menyisir bulu secara teratur, kamu akan dengan cepat menemukan masalah pada permukaan kulit kucing misalnya saja kutu dan parasit lainnya. Jika kamu menemukan parasit lebih cepat, maka lebih cepat pula penanganan yang bisa diberikan untuk kucing peliharaanmu.

Grooming yang menyenangkan

Jika kamu memiliki kucing yang sudah tua dengan masalah radang sendi, tentu ia akan berterima kasih dengan mu karena telah menyisir bulunya.

Dengan menyisir bulu kucing, kucing menjadi lebih rileks. Selain itu kucing yang sudah berusia tua cenderung tidak menjilat bulu mereka sendiri, karena itu mereka bergantung padamu untuk membersihkan bulunya.

Baca juga: Gampang, Ini Cara Membuat Bulu Kucing Sehat dan Bersih

Membangun ikatan dengan kucing peliharaan

Jika kamu memiliki beberapa kucing peliharaan di rumah, kamu mungkin pernah melihat mereka saling menjilati bulu satu sama lain.

Inilah cara kucing membangun rasa saling percaya dan menunjukkan kasih sayang. Dengan menyisir bulunya, kamu juga dapat membangun kepercayaan dan ikatan dengan kucing peliharaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com