Kompas.com - 15/12/2021, 18:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa dari kita tentu pernah tak sengaja memecahkan barang-barang pecah belah seperi piring, gelas, bohlam lampu, cermin, dan hiasan rumah

Hal ini membuat pecahan kaca bersebaran ke lantai dan bisa membahayakan diri serta anggota keluarga lainnya, terlebih bila memiliki anak-anak dan orang lanjut usia (lansia). 

Baca juga: Trik Mudah Bersihkan Pecahan Kaca 

Membersihkan pecahan dan serpihan kaca tidaklah mudah dan perlu berhati-hati. Ada cara khusus untuk membersihkannya agar tidak melukai tangan.

Melansir dari Bobvila, Rabu (15/12/2021), berikut cara aman membersihkan pecahan kaca yang berserakan pada lantai rumah. 

 

Siapkan peralatan pengaman diri

Ilustrasi pecahan kaca.SHUTTERSTOCK / Sergio Foto Ilustrasi pecahan kaca.

Pecahan kaca bisa berukuran kecil dan berserakan ke beberapa titik di dalam ruangan. Untuk itu, segera siapkan barang-barang pengaman untuk mengumpulkannya.

Beberapa yang bisa dijadikan sebagai pengaman adalah sarung tangan, sepatu, senter, kardus kecil, kain atau handuk bekas, selotip, pulpen atau spidol, dan palu.

Baca juga: Alasan Permukaan Kompor Kaca Lebih Banyak Berwarna Hitam

Pakai sarung tangan dan sepatu

Setelah perlengkapan pengaman diri sudah siap, pakai sarung tangan dan sepatu terlebih dulu sebelum mulai mengambil serpihan kaca.

Hal ini untuk mengantisipasi jika tak sengaja memegang atau menginjak serpihan kaca yang tidak terlihat dan tersembunyi di antara benda-benda berukuran besar.

Kumpulkan serpihan kaca pada kardus kecil

Ilustrasi pecahan kaca.SHUTTERSTOCK / Somporn Phonkrathok Ilustrasi pecahan kaca.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Bob Vila
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.