Kompas.com - 10/12/2021, 10:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Musim hujan adalah waktu terbaik untuk pertumbuhan tanaman, repotting, penggantian, pemangkasan, pemindahan tanaman.

Namun, musim hujan juga memiliki tantangan tersendiri bagi para pecinta tanaman. Banyaknya air yang jatuh dari langit meremajakan sebagian besar tanaman tetapi ada beberapa yang mungkin memerlukan sedikit perawatan ekstra selama musim ini.

Penyiraman yang berlebihan dapat menjadi pembunuh tanaman dan jika drainase yang tepat di pot, bedengan, atau rumput tidak dipertahankan, itu dapat merusak akar sehingga menyebabkan tanaman bisa mati.

Mawar adalah salah satu tanaman yang membutuhkan perawatan ekstra ketika musim hujan tiba. Mawar menyukai sinar matahari dan membenci akar yang terlalu lembab atau basah. Jika air tidak dikeringkan dengan benar, hal itu dapat mengundang banyak masalah dan tanaman mungkin tidak tumbuh dengan baik dan bahkan bisa mati.

Melansir dari Garhalpost pada Jumat (10/12/2021) berikut ini tips merawat bunga mawar di musim hujan.

Baca juga: 5 Penyebab Daun dan Bunga Mawar Menguning hingga Berlubang

Menyiangi pot secara teratur

Menyiangi tempat tidur atau pot secara teratur selama musim hujan. Jika ada pertumbuhan gulma atau rumput liar yang berlebihan, itu akan mengundang serangga lain dan menyulitkan akarnya untuk mengering. Segera bersihkan gulma dan balikkan tanah agar kering merata.

Potong ujung yang mati dan cabang yang busuk

Potong ujung yang mati dan cabang yang busuk atau kering pada sudut 45 derajat agar air tidak menempel pada bagian yang dipotong.

Oleskan pasta fungisida di semua titik potong (luka mentah) agar tidak terjadi kerusakan lebih lanjut karena pembusukan.

Jika tidak dihilangkan, penyakit ini dapat menyebar ke cabang lain. Sebelum melepas ujung buntu pastikan alat yang digunakan disterilkan dengan benar.

Baca juga: 4 Manfaat Menanam Bunga Mawar di Taman Rumah

Hilangkan kuncup yang terkena gulma

Hilangkan semua kuncup yang terkena gulma satu per satu. Biarkan nutrisi tanaman dimanfaatkan oleh cabang dan tunas baru tanaman

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.