Kompas.com - 07/12/2021, 17:14 WIB
Ilustrasi mentimun, budidaya mentimun. SHUTTERSTOCK/PHOTO WIN1Ilustrasi mentimun, budidaya mentimun.

JAKARTA, KOMPAS.com - Apabila Anda menanam mentimun, baik di pekarangan rumah atau kebun, Anda juga perlu memperhatikan kehadiran hama tanaman. Salah satu hama yang kerap menyerah adalah oteng-oteng atau kutu kuya.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Selasa (7/12/2021), hama oteng-oteng atau kutu kuya merupakan kumbang perusak daun. Hama kecil ini berukuran sekitar 1 cm dengan sayap berwarna kuning polos.

Oteng-oteng menyerang daun dengan memakan daun-daun muda hingga batang muda. Serangan parah dapat menyebabkan tanaman merangas dengan menyisakan tulang daun hingga akhirnya mati.

Baca juga: Cara Membuat Pestisida Alami untuk Basmi Hama Ulat Grayak

Ilustrasi hama Oteng-oteng atau kutu kuya (Aulocophora similis Oliver) pada tanaman. SHUTTERSTOCK/KAISARMUDA Ilustrasi hama Oteng-oteng atau kutu kuya (Aulocophora similis Oliver) pada tanaman.

Gejala serangan hama oteng-oteng

Hama oteng-oteng menyerang tanaman sejak berbentuk larva yang menyerang akar tanaman hingga tanaman menjadi layu dan mati.

Oteng-oteng dewasa memakan daun dan hanya menyisakan tulang daunnya.

Serangan berat terjadi pada tanaman muda sejak tanaman tumbuh hingga umur dua minggu. Hama oteng-oteng berkembang biak dengan cara bertelur.

Oteng-oteng banyak dijumpai di lahan tanaman mentimun, terung, melon, semangka, dan labu. Pasalnya, hama oteng-oteng sangat menyukai tanaman yang berdaun lebar. 

Baca juga: Mengenal Hama Kutu Daun Persik pada Tanaman Cabai dan Cara Membasminya

Cara mencegah hama oteng-oteng

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah hama oteng-oteng atau kutu kuya menyerang tanaman mentimun Anda, antara lain sebagai berikut.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.