Kompas.com - 07/12/2021, 07:18 WIB
Ilustrasi memberi pupuk pada tanaman. SHUTTERSTOCK/SOORACHET KHEAWHOMIlustrasi memberi pupuk pada tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam berbagai jenis tanaman, baik tanaman hias maupun tanaman pangan, diperlukan perawatan yang cermat. Salah satunya adalah nutrisi untuk pertumbuhan dan kesehatan tanaman.

Pemberian nutrisi bagi tanaman dapat dilakukan melalui pupuk. Ada berbagai jenis pupuk yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan tanaman sesuai kebutuhannuax seperti pupuk daun, pupuk untuk mendorong produksi buah, pupuk bunga, dan sebagainya.

Salah satu pupuk yang banyak digunakan untuk tanaman adalah pupuk KCL. Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Selasa (7/12/2021), pupuk KCL adalah salah satu penyubur tanah yang bersifat anorganik tunggal dengan konsentrasi tinggi.

Baca juga: Ragam Manfaat Pupuk KCL untuk Tanaman

Ilustrasi pupuk. Salah satu bahan baku pupuk menggunakan amonia atau ammonia. Baru-baru ini, peneliti temukan cara membuat amonia dari udara.SHUTTERSTOCK/Criniger kolio Ilustrasi pupuk. Salah satu bahan baku pupuk menggunakan amonia atau ammonia. Baru-baru ini, peneliti temukan cara membuat amonia dari udara.

Pupuk KCL mengandung sekitar 60 persen K2O sebagai kalium klorida yang sangat cocok digunakan di berbagai tanaman yang toleran terhadap unsur klorida, serta digunakan pada tanah dengan kadar klorida yang rendah.

Pupuk yang mengandung kalium harus dapat diterapkan di mana cadangan kalium tanah tidak memadai.

Kalium bisa diaplikasikan sebagai pupuk langsung, atau sebagai bagian dari pupuk yang dicampur dengan senyawa nitrogen dan fosfor.

Berikut ini beberapa manfaat pupuk KCL untuk tanaman.

Baca juga: Manfaat Unsur Hara Kalium pada Pupuk KCL untuk Tanaman

1. Meningkatkan hasil panen

Kandungan klorida dalam pupuk KCL bisa membantu meningkatkan hasil panen, yaitu dengan meningkatkan resistensi penyakit pada tanaman.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.