Kompas.com - 07/12/2021, 12:52 WIB
Ilustrasi pintu di rumah. SHUTTERSTOCK/VADYM ANDRUSCHCHENKOIlustrasi pintu di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pintu interior memainkan peran lebih dari sekadar fungsional di rumah. Pintu ini membawa gaya, karakter, kualitas, privasi, serta mengarahkan aliran cahaya dan energi ke ruang hidup Anda.

Dengan semua peran ini, pintu interior layak mendapat perhatian dan pertimbangan lebih saat mengganti atau membeli pintu rumah yang baru.

Nah, melansir dari Roohome, Selasa (7/12/2021), berikut beberapa faktor yang harus dipertimbangkan saat membeli pintu interior rumah. 

Baca juga: 5 Tips Mendekor Pintu Rumah untuk Natal yang Meriah dan Hangat 

Material 

Ada banyak pilihan material yang bisa dipertimbangkan ketika datang ke pintu interior seperti konstruksi kayu solid, komposit, atau berongga.

Pintu solid dikenal tahan lama serta memberikan insulasi suara dan panas yang sangat baik, tapi harganya mahal.

Pintu komposit hemat biaya, bebas dari ketidaksempurnaan, juga mempunyai tampilan dan nuansa menarik. Pintu berongga memiliki insulasi termal dan suara yang lebih sedikit, tetapi ringan dan lebih terjangkau. 

Baca juga: 4 Cara Menghadirkan Keceriaan Natal di Area Pintu Masuk Rumah 

Warna pintu

Ilustrasi pintu interiorUnsplash/Beazy Ilustrasi pintu interior
Pintu internal datang dalam berbagai warna yang dicat atau diwarnai. Warna pintu mempengaruhi tampilan ruangan secara keseluruhan.

Untuk itu, warna pintu interior perlu disesuaikan dengan estetika desain guna membuat pernyataan dekoratif di dalam ruangan.

Perangkat keras

Perangkat keras pintu pilihan Anda melengkapi tampilan dan fungsionalitas pintu secara keseluruhan. Pilih gagang pintu, kenop, gembok, engsel, dan perangkat keras lainnya berdasarkan pada lingkungan pintu dan frekuensi penggunaannya. 

Baca juga: 4 Cara Menghadirkan Keceriaan Natal di Area Pintu Masuk Rumah 

Gaya

Pilihan pintu interior tidak hanya melayani tujuan, tetapi juga gaya desain interior rumah Anda. Pilih pilihan yang menyatu dengan jenis aksesori, perabotan, dan item dekorasi lainnya di rumah.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Roohome
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.