Kompas.com - 04/12/2021, 15:40 WIB
Ilustrasi anjing zoomies UNSPLASH/Michael OxendineIlustrasi anjing zoomies

JAKARTA, KOMPAS.com- Jika kamu pernah memandikan anjing, setelah mandi anjing akan mengalami zoomies dan berlari dengan kecepatan penuh berkeliling di area rumah.

Berdasarkan kamus Oxford, zoomies adalah ledakan energi yang secara tiba-tiba dirasakan oleh binatang, hal ini biasa terjadi pada kucing ataupun anjing.

Saat mengalami zoomies, hewan akan mulai berlari tanpa kontrol ke sana kemari. Melansir dari Puppy Leaks, Sabtu (4/12/2021), penyebab zoomies pada anjing berbeda-beda. Berikut adalah penyebab zoomies pada anjing peliharaan.

Baca juga: Catat, 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada Anjing Peliharaan

Mengapa anjing mengalami zoomies?

Perilaku zoomies merupakan perilaku yang normal dan umum dilakukan oleh anjing, terutama pada anjing muda. Dengan cara ini anjing melepaskan energi yang mereka miliki.

Mereka bisa merasakan zoomies setiap waktu, namun yang paling sering terjadi ialah saat setelah mandi, saat bermain dan di malam hari.

Istilah ilmiah untuk ledakan energi yang tiba-tiba muncul ini adalah frenetic random activity periods (FRAPS), namun banyak orang menyebutnya dengan rips atau zoomies.

Baca juga: 6 Ras Anjing dengan Perawatan Rendah yang Cocok untuk Orang Sibuk

Umumnya zoomies dialami oleh anjing muda

Jika kamu memiliki anjing yang usia nya masih cukup muda, mungkin kamu sering mendapatinya berlarian di area rumah dan berputar-putar. Saat anjing sudah memasuki usia dewasa, ledakan energi ini sudah jarang terjadi.

Jika anjing peliharaan mu sering melakukan zoomies pada malam hari, sebaiknya ajak ia melakukan aktifitas fisik di siang hari. Ini membuat anjing menjadi lebih lelah dan energinya terkuras.

Baca juga: 8 Ras Anjing Terbaik untuk Berburu

Banyak anjing mengalami zoomies setelah mandi

Apakah anjing peliharaan mu sering berlarian tanpa kontrol setelah mandi dan meninggalkan bercak air dimana-mana? Ini hal yang umum terjadi.

Zoomies seringkali muncul setelah anjing mandi, ini membuat mereka berlarian di sekitar rumah, melompat keatas furniture bahkan kasur.

Zoomies setelah mandi adalah cara mereka menunjukkan kelegaan bahwa waktu mandi akhirnya berakhir.

Baca juga: 8 Ras Anjing Terbaik untuk Berburu

Zoomies saat bermain

Karena terlalu semangat bermain, biasanya anjing akan mengalami zoomies dengan ledakan energi yang tidak bisa dikontrol. Ini bisa terjadi karena mereka terlalu semangat dan mendapatkan stimulasi yang berlebihan.

Anjing akan menjulurkan lidah, terlihat bahagia dan berlarian di sekitar halaman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.