Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Perilaku Zoomies pada Anjing dan Penyebabnya

JAKARTA, KOMPAS.com- Jika kamu pernah memandikan anjing, setelah mandi anjing akan mengalami zoomies dan berlari dengan kecepatan penuh berkeliling di area rumah.

Berdasarkan kamus Oxford, zoomies adalah ledakan energi yang secara tiba-tiba dirasakan oleh binatang, hal ini biasa terjadi pada kucing ataupun anjing.

Saat mengalami zoomies, hewan akan mulai berlari tanpa kontrol ke sana kemari. Melansir dari Puppy Leaks, Sabtu (4/12/2021), penyebab zoomies pada anjing berbeda-beda. Berikut adalah penyebab zoomies pada anjing peliharaan.

Mengapa anjing mengalami zoomies?

Perilaku zoomies merupakan perilaku yang normal dan umum dilakukan oleh anjing, terutama pada anjing muda. Dengan cara ini anjing melepaskan energi yang mereka miliki.

Mereka bisa merasakan zoomies setiap waktu, namun yang paling sering terjadi ialah saat setelah mandi, saat bermain dan di malam hari.

Istilah ilmiah untuk ledakan energi yang tiba-tiba muncul ini adalah frenetic random activity periods (FRAPS), namun banyak orang menyebutnya dengan rips atau zoomies.

Umumnya zoomies dialami oleh anjing muda

Jika kamu memiliki anjing yang usia nya masih cukup muda, mungkin kamu sering mendapatinya berlarian di area rumah dan berputar-putar. Saat anjing sudah memasuki usia dewasa, ledakan energi ini sudah jarang terjadi.

Jika anjing peliharaan mu sering melakukan zoomies pada malam hari, sebaiknya ajak ia melakukan aktifitas fisik di siang hari. Ini membuat anjing menjadi lebih lelah dan energinya terkuras.

Banyak anjing mengalami zoomies setelah mandi

Apakah anjing peliharaan mu sering berlarian tanpa kontrol setelah mandi dan meninggalkan bercak air dimana-mana? Ini hal yang umum terjadi.

Zoomies seringkali muncul setelah anjing mandi, ini membuat mereka berlarian di sekitar rumah, melompat keatas furniture bahkan kasur.

Zoomies setelah mandi adalah cara mereka menunjukkan kelegaan bahwa waktu mandi akhirnya berakhir.

Zoomies saat bermain

Karena terlalu semangat bermain, biasanya anjing akan mengalami zoomies dengan ledakan energi yang tidak bisa dikontrol. Ini bisa terjadi karena mereka terlalu semangat dan mendapatkan stimulasi yang berlebihan.

Anjing akan menjulurkan lidah, terlihat bahagia dan berlarian di sekitar halaman.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/04/154000276/mengenal-perilaku-zoomies-pada-anjing-dan-penyebabnya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke