Kompas.com - 04/12/2021, 13:02 WIB
Ilustrasi tanaman tomat, tanaman buah tomat. PIXABAY/ALEXEI CHIZHOVIlustrasi tanaman tomat, tanaman buah tomat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tomat di kebun sangat menyenangkan, karena Anda dapat langsung mengonsumsinya setelah dipanen. Menanam tomat dapat dilakukan di kebun, pekarangan rumah, pot, polybag, maupun hidroponik.

Siapapun yang menanam tomat baik itu skala budidaya besar maupun hanya untuk di konsumsi pribadi, semuanya ingin tanaman berbuah banyak. Untuk bisa menghasilkan buah tomat yang banyak, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Dilansir dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Sabtu (4/12/2021), berikut cara menanam tomat di kebun agar berbuah banyak.

Baca juga: 9 Tanaman Pendamping Tanaman Tomat di Kebun yang Bisa Dimakan

Tanaman tomat ceri adalah varietas yang bisa diletakkan indoor.Unsplash/Per Loov Tanaman tomat ceri adalah varietas yang bisa diletakkan indoor.

1. Benih kualitas bagus

Syarat pertama agar tomat berbuah banyak adalah pilih benih berkualitas bagus. Benih bisa didapat dengan mudah dari di toko benih. 

Benih tomat berkualitas bagus bisa juga dibuat sendiri, yaitu dari buat tomat yang sudah matang sempurna. Biji tomat dikeluarkan dan dibersihkan dan jemur sampai kering, kira-kira kadar airnya tersisa 6 persen

2. Pilih jenis tomat dataran rendah atau dataran tinggi

Sesuaikan jenis tomat dengan area tanam setempat. Jika daerah dataran tinggi pilih jenis tomat dataran tinggi atau jika area tanam dataran rendah, pilih jenis tomat dataran rendah, jangan sampai terbalik.

Varietas tomat cocok untuk dataran rendah antara lain ratna, mutiara, zamrud, opal dan lainnya. Adapun varietas tomat cocok untuk dataran tinggi antara lain berlian, mutiara, f1, dan lainnya.

Baca juga: Tanaman Tomat Berjamur? Atasi dengan Baking Soda

Ada juga beberapa jenis tomat cocok ditanam pada dataran tinggi maupun rendah. Pun ada juga beberapa tomat hasil pengembangan dari produsen bibit, bisa ditanam pada dataran tinggi dan rendah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.