Kompas.com - 04/12/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi kucing makan Unsplash/Anastasiia RozumnaIlustrasi kucing makan

JAKARTA, KOMPAS.com- Saat kita memelihara kucing di rumah, tentu kita ingin yang terbaik untuk kucing peliharaan kita dengan sebisa mungkin membuatnya tetap sehat dan lincah.

Namun apa yang terjadi jika kucing peliharaan tiba-tiba kehilangan nafsu makan dan lemas? Tentu ini akan sangat mengganggu tumbuh kembang kucing dan membuatnya kehilangan semangat bermain.

Untuk mengembalikan nafsu makannya banyak hal yang bisa kamu lakukan. Melansir dari Preventive Vet, Sabtu (4/12/2021), berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat kucing peliharaan mogok makan.

Baca juga: 8 Hal yang Menyebabkan Anak Kucing Hiperaktif

Kenali karakter kucing peliharaan

Meskipun berasal dari ras yang sama, kucing peliharaan memiliki karakter yang berbeda-beda. Jika kucing peliharaan termasuk kucing yang suka menghabiskan waktunya sendiri, sebaiknya jangan tempatkan wadah makanannya bersama dengan kucing lainnya. Tempatkan wadah makanan di lokasi yang jarang dilewati orang dan hewan peliharaan lainnya.

Begitu pula dengan kucing yang suka bersosialisasi, ia tentu tidak nyaman jika harus makan sendirian.

Jika kucing dengan karakter ini tidak mau makan, sebaiknya temani dan usap punggungnya saat ia makan. Ini akan membuatnya lebih bahagia dan tidak merasa kesepian.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing yang Suka Memindahkan Anaknya

Coba gunakan wadah makanan yang berbeda

Meskipun terlihat sepele, pemilihan wadah makanan sangatlah penting dan mempengaruhi nafsu makan kucing.

Jika kucing mu berbadan besar dengan kumis yang lebat, sebaiknya pilih mangkok makanan yang lebar agar kucing tidak kesulitan saat makan.

Gunakan wadah makanan berbahan aluminium anti karat, keramik ataupun kaca. Tiga jenis wadah makanan tersebut tak hanya tahan lama, namun juga mudah dibersihkan.

Hindari menggunakan wadah makanan berbahan plastik karena dapat menampung bakteri saat permukaannya tergores. Ini tentu akan menimbulkan masalah bagi kesehatan kucing.

Baca juga: Ketahui, Ciri-ciri Kucing Sehat Secara Fisik

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.