Kompas.com - 02/12/2021, 07:17 WIB
Ilustrasi pupuk bokashi. SHUTTERSTOCK/MYBEARSIlustrasi pupuk bokashi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pupuk bokashi adalah salah satu pupuk organik yang bermanfaat bagi tanaman. Bokashi dipopulerkan pertama kali di Jepang sebagai pupuk organik yang bisa dibuat dengan cepat dan efektif.

Dilansir dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Kamis (2/12/2021), istilah bokashi diambil dari istilah bahasa Jepang yang artinya perubahan secara bertahap. Adapun EM4 merupakan jenis mikroorganisme dekomposer untuk membuat pupuk bokashi.

EM4 dipopulerkan oleh Prof Dr Teruo Higa dari Jepang. Proses pembuatan pupuk bokashi relatif lebih cepat dari pengomposan konvensional.

Baca juga: Mudah, Begini 7 Cara Membuat Pupuk Sendiri untuk Tanaman Anda

 

Bokashi sudah siap dijadikan pupuk dalam tempo 1-14 hari sejak dibuat, tergantung dari bahan baku dan metode yang digunakan. Membuat bokashi sangat mudah, bisa dilakukan dalam skala rumah tangga maupun skala pertanian yang lebih besar.

Berikut cara membuat pupuk bokashi dan EM4 untuk tanaman Anda.

Menyiapkan EM4

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat pupuk bokashi adalah menyiapkan mikroorganisme dekomposer. Salah satu dekomposer bokashi yang paling populer adalah Effective Microorganism (EM4).

Larutan EM4 terdiri dari mikroorganisme yang diisolasi secara khusus untuk menguraikan sampah organik dengan cepat. Mikroorganisme yang terkandung dalam EM4 terdiri dari bakteri fotosintesis, bakteri asam laktat (Lactobacillus sp), Actinomycetes dan ragi.

Baca juga: Simak, Panduan Pemberian Pupuk Tanaman Cabai

EM4 dijual di pasaran dalam bentuk cairan kental yang telah dikemas dalam berbagai ukuran. Untuk membuat dekomposer bokashi, kita cukup mengencerkan cairan tersebut dan mencampurkannya dengan bahan baku bokashi.

Selain membelinya, kita juga bisa membuat cairan mikroorganisme efektif (EM) sendiri. Berikut langkah-langkahnya.

Bahan dan alat yang dibutuhkan

  • 0,5 kg pepaya dan kulitnya
  • 0,5 kg pisang dan kulitnya
  • 0,5 kg nenas dan kulitnya

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.