Kompas.com - 01/12/2021, 16:17 WIB
8 Tips Membuat Basement Menjadi Ruang Fungsional Shutterstock.com8 Tips Membuat Basement Menjadi Ruang Fungsional

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang bawah tanah atau basement rentan terhadap bau tak sedap dan kelembapan.

Hal ini tak lain karena posisi basement yang berada di bawah tanah sehingga membuatnya kurang mendapat sinar matahari serta suhu lingkungan yang konstan. 

Baca juga: 7 Ide Ruang Bawah Tanah yang Unik dan Inspiratif

Selain itu, ruang bawah tanah juga memiliki sistem drainase yang lebih rentan terhadap pertumbuhan jamur dan lumut.

Saat berkembang biak di ruang bawah tanah, jamur akan melepaskan gas berbau tidak sedap yang membuat basement semakin bau.

Namun, tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau tersebut. 

Dilansir dari The List, Rabu (1/12/2021), berikut cara menghilangkan bau tak sedap di ruang bawah tanah

Baca juga: 8 Kesalahan dalam Mengatur Furnitur di Ruang Tamu

Cara menghilangkan bau tak sedap di ruang bawah tanah

Pertama, kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu di mana tepatnya jamur dan lumut berada. Mencari pada celah pipa, dinding, dan plafon adalah langkah awal yang baik, yang bisa menjadi tanda bahwa air merembes dari tanah di luar atau dari kebocoran.

Selain itu, periksa juga dinding ruangan bawah tanah. Pastikan dinding tidak melengkung atau menonjol karena dinding yang tidak stabil cenderung membiarkan lebih banyak air masuk saat hujan. 

Baca juga: 4 Tips Memaksimalkan Dekorasi Ruang Keluarga

Setelah jamur atau lumut ditemukan, saatnya membasminya. Gunakan campuran cuka putih murni dan air untuk menghilangkan jamur. 

Caranya, masukkan larutan cuka dan air dengan perbandingan sama ke botol semprot, aduk sampai keduanya tercampur rata, lalu semprotkan larutan pada area ruang bawah tanah yang terdapat jamur dan lumut.

Selain itu, gunakan dehumidifier untuk menghilangkan kelembapan di ruang bawah tanah. 

Baca juga: 5 Ide Desain Ruang Keluarga yang Cantik dan Sederhana

Caranya, menggunakan baking soda. Letakkan baking soda dalam wadah terbuka di sekitar ruang bawah tanah. Baking soda dapat menyedot bau pada ruang bawah tanah selama tiga bulan.

Selai soda, Anda juga bisa menggunakan bubuk kopi atau arang aktif. Letakkan bubuk kopi atau arang aktif pada area ruang bawah tanah. Keduanya bisa menghilangkan bau tak sedap dengan menyedotnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The List
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.