Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Membuat Ruang Keluarga Outdoor yang Nyaman dan Cozy

Kompas.com - 21/11/2021, 12:03 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang keluarga menjadi salah satunya ruang penting di rumah yang bisa digunakan untuk berkumpul, bersantai, dan bercengkarama dengan anggota keluarga yang lain.

Namun, ruang keluarga tidak harus selalu berada di dalam rumah. Anda bisa membuat ruang keluarga kedua di luar ruangan atau outdoor seperti taman atau teras

Baca juga: Ingin Mendekorasi Ruang Keluarga? Ketahui Ini 5 Aturannya

Apalagi, pada hari-hari musim atau cuaca panas, memiliki ruang keluarga outdoor bisa menjadi ide menarik. Ini bisa menjadi area menikmati udara segar dan sinar matahari yang hangat. 

Membuat ruang keluarga outdoor adalah cara sempurna memperluas rumah dan memaksimalkan ruang yang dimiliki. Tidak masalah jika memiliki taman belakang yang besar atau teras apartemen kecil;

Beruntung, ada banyak cara membuat ruang keluarga di luar ruangan tanpa menghabiskan banyak biaya. 

Melansir dari My Decorative, Minggu (21/11/2021), berikut empat tips membuat ruang keluarga outdoor yang nyaman dan menyenangkan. 

Baca juga: 6 Ide Pencahayaan untuk Ruang Keluarga

Jadikan ruang dapat diakses 

Menempatkan ruang keluarga outdoor seperti taman mungkin tampak seperti ide bagus jika lokasi itu berada di dekat area yang teduh atau mendapat jumlah sinar matahari yang tepat.

Untuk itu, pastikan lokasi ruang keluarga memperoleh hal itu semua dan mengarah langsung ke rumah. 

Ada keuntungan memiliki ruang keluarga di luar ruangan yang mengarah langsung dari rumah karena tidak hanya memperluas dapur atau ruang keluarga, tetapi juga jauh lebih mudah diakses. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Aksesoris Terbaik untuk Ruang Keluarga

Tata senyaman mungkin 

Ilustrasi teras rumahUnsplash/Collov Home Design Ilustrasi teras rumah
Ruang keluarga outdoor mungkin tampak santai dan tanpa beban, tetapi Anda ingin menambahkan beberapa perabotan lembut dan tekstil untuk membuat area tersebut lebih ramah.

Furnitur built-in atau beton memiliki penampilan sangat modern dan bebas perawatan, tetapi jika tidak sesuai dengan keseluruhan nuansa rumah dan taman, hal itu tidak akan menjadi ruang untuk menikmati suasana hangat.  

Dengan memilih kursi santai yang nyaman, furnitur taman rotan, dan beanbag luar ruangan yang besar, ruang keluarga outdoor akan tampak bagus dan ingin menghabiskan waktu.

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Ruang Keluarga Bergaya Rustic, Hangat dan Sederhana 

Pastikan ada banyak cahaya 

Salah satu hal terbaik memiliki ruang keluarga outdoor adalah dapat menikmati angin malam musim panas yang sejuk. Ini jauh lebih menyegarkan dan menyejukkan daripada kipas angin atau AC

Untuk itu, jika ingin menghabiskan waktu hingga malam hari di sana, sediakan pencahayaan yang memadai.

Memasang pencahayaan luar ruangan sekarang lebih mudah dari sebelumnya. Anda dapat menggunakan lilin taman, bahkan memasang fitur pencahayaan di luar ruangan. 

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Ruang Keluarga dengan TV agar Nyaman dan Apik

Tambahkan beberapa privasi 

Saat ingin menghabiskan waktu di taman, Anda tidak mungkin ingin terlihat tetangga atau orang yang lewat.

Menambahkan beberapa naungan dan layar privasi yang ditempatkan secara strategis dapat memberi privasi dan kenyamanan rumah saat duduk di ruang keluarga outdoor. 

Jika dipasang dengan tepat, tirai taman dapat terlihat menarik dan menambah kesan glamor pada taman. Pilih kain yang cocok untuk outdoor dan terbuat dari campuran katun agar cepat kering dan terlindung dari jamur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com