Kompas.com - 01/12/2021, 11:36 WIB
Produk kreatif hiasan bungkus kado produksi PT Cermai Makmur Abadi Internasional. DOK PT CERMAI MAKMUR ABADI INTERNASIONAL. Produk kreatif hiasan bungkus kado produksi PT Cermai Makmur Abadi Internasional.

JAKARTA, KOMPAS.com - Produk hiasan bungkus kado menjadi salah satu hal penting yang ada di rumah. Sebab, produk ini diperlukan saat kita akan memberikan kado atau hadiah bagi keluarga, orang terkasih, atau sahabat.

Salah satu produsen produk kreasi hiasan bungkus kado asal Indonesia adalah PT Cermai Makmur Abadi Internasional. Namun, seluruh produk Cermai Makmur dilempar ke pasar ekspor.

Potensi ekspor produk kreatif kertas bungkus kado sangat besar, terutama ke Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Eropa.

Baca juga: 10 Kado Natal Unik untuk Keluarga, Apa Saja?

"Produk kami 100 persen untuk pasar ekspor. Mayoritas ekspor kami ditujukan untuk pasar Amerika Serikat," kata Theresia O Sutaman, managing director Cermai Makmur dalam keterangan pers, Rabu (1/12/2021).

Negara tujuan ekspor Cermai Makmur, jelas Theresia, sebanyak 60 persen ke Amerika Serikat. Lalu, sebesar 20 persen ke Inggris dan sisanya negara-negara lain.

“Saat ini, total tujuan ekspor kami ada 27 negara. Rata-rata ekspor kami sebanyak 2.500 kontainer per tahun,” papar Theresia.

Dia menambahkan, salah satu pembeli (buyer) Cermai Makmur di Amerika Serikat adalah jaringan ritel Walmart. Peritel modern itu sudah sekitar tujuh tahun menjadi pembeli produk Cermai Makmur.

Baca juga: 5 Pilihan Tanaman yang Bisa Dijadikan Kado

"Mereka menilai produk kami berkualitas baik dan sesuai dengan kebutuhan pasar Amerika. Walmart merupakan pembeli produk kami yang cukup loyal," papar Theresia.

Dia mengatakan, pihaknya optimistis mampu meningkatkan pendapatan di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Hal itu karena pasar perseroan adalah ekspor.

"Tahun 2021, kami menargetkan pertumbuhan revenue (pendapatan) sebesar 20 persen. Sebelum pandemi, pendapatan kami sebesar 50 juta dollar AS per tahun,” tutur Theresia.

Menurut Theresia, pihaknya sudah menggeluti bisnis industri kreatif sudah lebih dari 28 tahun. Kata kunci memenangi hati konsumen adalah dengan membangun kepercayaan mereka terhadap kualitas dan kesinambungan pasokan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.