Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/01/2021, 18:28 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Guardian

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri, saat ini merawat tanaman menjadi populer bagi para pencinta bahkan para pemula.

Tanaman hias ini kini bisa dipilih dan dirawat di luar maupun di dalam rumah. Fungsinya kini menjadi bertambah, yakni menjadi tambahan dekorasi di dalam rumah.

Tak hanya itu, tanaman ini juga bisa berfungsi untuk menyejukan serta memberikan udara segar di dalam rumah. Tak berhenti sampai di situ, kini tanaman hias juga bisa dibungkus dan diberikan oleh orang terkasih sebagai kado atau hadiah.

Baca juga: 6 Trik Jadikan Tanaman Hias Dekorasi di Dalam Ruangan

Dilansir dari The Guardian, Jumat (8/1/2021), ada beberapa tanaman hias yang dapat dijadikan kado atau hadiah sebagai berikut.

1. Ficus benghalensis ‘Audrey’ Bengal fig

Dipuja di rumah asalnya di India, ara Bengal atau pohon banyan diyakini sebagai pohon tempat Buddha duduk untuk mencapai pencerahan.

Raksasa berdaun ini adalah beberapa pohon terbesar di dunia karena memiliki daun yang seperti kanopi dan memberikan keteduhan yang baik bagi tanaman lain di lingkungan asli mereka.

Di dalam ruangan, Ficus benghalensis 'Audrey' akan menjadi sedikit lebih kecil dan dapat diletakkan di ruang keluarga atau ruang kerja yang besar.

Baca juga: 6 Tanaman Hias Ini Aman untuk Hewan Peliharaan

2. Homalomena rubescens ‘Maggie’ Queen of hearts

Tanaman Homalomena diakui NASA karena kemampuan dapat memurnikan ruangan atau memberikan udara segar. Tanaman ini memiliki daun yang mengkilap dan berbentuk hati yang menyembul dari batangnya yang berwarna merah.

Jika diletakkan di dalam ruangan, tanaman ini cocok diletakkan di atas meja atau kursi yang rendah. Tanaman ini menyukai cahaya terang namun tidak langsung dengan jadwal penyiraman sedang, dan kelembapan yang sedang hingga tinggi.

Ilustrasi tanaman hias Homalomena. UNSPLASH/OLENA SHMAHALO Ilustrasi tanaman hias Homalomena.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com