Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/01/2021, 21:06 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren mengoleksi dan merawat tanaman hias tampaknya masih berlanjut pada tahun 2021 ini. Aktivitas yang masih banyak dilakukan di rumah membuat tanaman hias masih digemari.

Untuk menempatkan tanaman hias di dalam rumah, pencahayaan menjadi hal yang penting. Perlu dipahami, tidak semua jenis tanaman hias mampu bertahan hidup di ruangan dengan cahaya yang minim.

Namun demikian, ada beberapa tanaman hias yang dapat tetap hidup dengan sedikit cahaya, bahkan di ruangan yang hampir gelap.

Baca juga: Tanaman Hias Terpapar Sinar Matahari? Begini Solusinya

Apa saja tanaman hias tersebut? Berikut uraiannya, seperti dikutip dari Reader's Digest, Senin (4/1/2021).

1. Aglonema

Tanaman hias yang dapat hidup dengan sedikit cahaya ini hadir dalam 22 varietas berbeda dan dikenal membawa keberuntungan.

Aglonema membutuhkan tanah yang lembab tetapi tidak banyak yang lain, namun harus menghindari suhu dingin dan sinar matahari yang berlebihan.

Kenakan sarung tangan jika Anda memiliki kulit sensitif karena cairan pada tanaman ini dapat menyebabkan iritasi. Aglonema Silver Queen adalah salah satu jenis aglonema yang paling dikenal dengan pola daunnya yang mencolok.

Baca juga: 9 Jenis Aglonema dengan Corak Daun yang Cantik

2. English ivy

Paling umum dikenal sebagai tanaman gantung dalam ruangan, English ivy dapat diatur untuk memanjat teralis atau tiang. Tanaman ini hadir dalam ratusan varietas, ada yang berwarna hijau polos sementara yang lain berpadu dengan warna kuning, emas, atau putih krem.

Disarankan untuk menjaga tanah yang lembab secara merata sepanjang tahun, sering-sering menyemprotkan air agar daun tidak mengering, meskipun Anda harus menjaganya sedikit lebih kering selama cuaca dingin.

Ilustrasi english ivy.SHUTTERSTOCK/MYIMAGINE Ilustrasi english ivy.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com