Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/01/2021, 18:42 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya membersihkan, namun melihat bagaimana keadaan peralatan rumah tangga agar mengetahui masih berfungsi dengan baik atau tidak menjadi hal yang penting.

Jangan alih-alih mengabaikan peralatan yang seharusnya sudah mulai diganti dengan yang baru malah membuat kerusakan yang semakin panjang. Dampaknya, pemakaian listrik semakin meningkat dan lebih boros.

Seperti yang dilansir dari The Kitchn, Senin (4/1/2021), ketika peralatan rumah tangga rusak dan harus diganti akan menunjukkan tanda-tandanya, seperti yang diperlihatkan kulkas seperti ini.

Baca juga: Catat, Bahan-bahan Makanan yang Tak Boleh Disimpan di Kulkas

1. Kondensasi atau embun beku

Jika kulkas mengeluarkan titik air pada bagian dalamnya, mungkin ada suatu masalah. Semua kulkas harus bekerja untuk menjaga keseimbangan suhunya, namun tidak boleh bekerja terlalu keras atau sangat lemah sehingga tetesan air terbentuk di seluruh bagian luarnya.

Hal yang sama berlaku untuk kondensasi di dalam kulkas atau bahkan embun beku di dalam freezer.

2. Kulkas berbunyi

Tanda selanjutnya adalah motor akan terus berjalan dan menghasilkan bunyi yang keras. Sebenarnya, motor kulkas tidak harus selalu bekerja keras dengan kecepatan maksimal, karena sebagian besar tidak perlu terus menerus mengatur ulang suhu kecuali pintu sering dibuka dan ditutup.

3. Kulkas panas saat disentuh 

Ketika bagian di belakang kulkas panas, itu hal yang wajar berarti sistem ventilasi berfungsi. Tetapi jika terlalu panas dan tidak seperti biasa, pertanda kulkas harus segera diganti.

Baca juga: Bolehkah Menyimpan Barang di Atas Kulkas?

4. Makanan lebih cepat membusuk

Kulkas memiliki satu tugas yakni menjaga makanan agar tetap dingin dan tahan lama. Namun, jika semua bahan makanan di dalamnya cepat membusuk berarti hal tersebut menandakan kulkas memiliki masalah.

Jika hal ini terjadi, akan menghabiskan banyak energi daripada biasanya untuk mendinginkan suhu di dalamnya.

5. Kulkas sudah terlalu tua

Kulkas yang sudah terlalu tua akan membuat tagihan listrik membengkak, nyatanya banyak kulkas dengan model terbaru yang dapat memberikan efesiensi listrik yang lebih hemat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com