Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Membersihkan Rice Cooker dalam Waktu Singkat

Kompas.com - 30/11/2021, 23:45 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber Home Fresh

JAKARTA, KOMPAS.com-- Kebanyakan dari kita hanya membersihkan wadah penanak pada rice cooker. Padahal, minimal satu bulan sekali, rice cooker harus dibersihkan secara keseluruhan.

Pasalnya, alat ini kita gunakan hampir setiap hari dan berhubungan dengan sesuatu yang kita konsumsi. Selain itu, rutin membersihkan rice cooker juga bisa membuatnya awet dan tidak cepat rusak.

Berikut adalah lima langkah mudah membersihkan rice cooker atau penanak nasi seperti dilansir dari Home Fresh, Selasa (30/11/2021).

Baca juga: Cara Merawat Rice Cooker agar Tahan Lama

1. Sebelum membersihkan

Bahkan sebelum membersihkan penanak nasi milikmu, pastikan untuk memperhatikan tindakan pencegahan keamanan berikut untuk menghindari kerusakan dan cedera.

Cabut steker mesin dari stopkontak listrik agar bagian listrik yang hidup tidak terkena air. Bagian dasar penanak nasi yang terhubung ke dinding harus selalu dijaga tetap kering.

Selain itu, kamu perlu merawat bagian dalam penanak nasi yang berfungsi untuk mengalirkan panas. Dalam proses pembersihan, jagalah bagian ini agar tetap kering.

Pastikan piringan panas kompor sudah dalam keadaan benar-benar dingin sebelum kamu menyentuhnya.

Jika kamu berencana untuk membersihkan penanak nasi setelah menggunakannya, tunggu setidaknya 30 menit hingga mesin dingin.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua penanak nasi akan mendingin pada waktu yang sama. Untuk itu tetaplah berhati-hati agar proses pembersihan ini tidak melukai dirimu.

2. Bersihkan dengan maksimal

Untuk mendapatkan hasil maksimal ikuti panduan langkah demi langkah berikut ini:

Buat larutan air dan sabun di baskom atau wadah air besar. Lepaskan panci bagian dalam penanak nasi dan rendam dengan air.

Jika ada sisa nasi atau potongan makanan lainnya di dalam panci, gosok perlahan dengan sendok plastik atau spatula kayu.

Halaman:
Sumber Home Fresh
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com