Kompas.com - 29/11/2021, 16:30 WIB
Ilustrasi siput pada tanaman. SHUTTERSTOCK/AKIMOV IGORIlustrasi siput pada tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Munculnya siput atau bekicot pada tanaman di kebun rumah adalah tanda bahaya.

Sebab, siput bisa menjadi salah satu hama yang dapat mengganggu proses pertumbuhan tanaman. Untuk itu, keberadaan siput pada tanaman perlu disingkirkan segera.

Dilansir dari beberapa sumber, Senin (29/11/2021), berikut ragam cara menyingkirkan siput yang muncul pada tanaman. 

Baca juga: 10 Cara Alami Membasmi Siput di Halaman Rumah

Semprot dengan larutan bawang putih

Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih mungkin dapat menjadi alternatif praktis dan murah ketika kita punya masalah jerawat yang mengganggu.PIXABAY/ANRITA1705 Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih mungkin dapat menjadi alternatif praktis dan murah ketika kita punya masalah jerawat yang mengganggu.
Untuk menjauhkan hingga membasmi siput pada tanaman, kamu dapat menyemprotnya menggunakan larutan bawang putih.

Untuk membuatnya, hancurkan tiga siung bawang putih, lalu rendam ke dalam satu sendok makan minyak sayur selama semalaman.

Setelah itu, saring cairan yang dihasilkan dari bawang putih dan minyak sayur ke dalam wadah berisi satu liter air. Kemudian, tuangkan campuran bawang putih dan air ke dalam botol semprotan.

Selanjutnya, tambahkan satu sendok teh sabun cair, lalu kocok botol sebelum campuran digunakan. Larutan bawang putih dan sabun cuci piring dapat membunuh siput dan menjauhkan siput lain dari tanaman. 

Baca juga: 5 Hama yang Sering Mengganggu Tanaman, Kutu Daun hingga Siput

Cukup taburkan garam

Cara lain menyingkirkan siput dari tanaman adalah menaburkan garam. Siput yang terkena banyak garam dapat membuat air dari sel kulitnya keluar dalam jumlah banyak sehingga siput kekurangan cairan.

Ketika siput kekurangan cairan atau dehidrasi, hal itu pada akhirnya bisa menyebabkan siput mati.

Manfaatkan cangkang telur

Ilustrasi cangkang telur sebagai pupuk tanaman. SHUTTERSTOCK/THAMKC Ilustrasi cangkang telur sebagai pupuk tanaman.
Pecahkan cangkang telur, lalu taburkan pecahan tersebut pada area tanaman biasa siput muncul. Pecahan cangkang telur yang tajam dapat membuat siput tidak nyaman sehingga menjauhi tanaman. 

Baca juga: Cara Mengusir Siput dari Tanaman di Kebun Rumah

Ambil siput dan pindahkan

Cara terakhir adalah mengambil siput dari tanaman, lalu masukkan ke sebuah wadah. Kamu bisa membuangnya ke tempat jauh dari tanaman dan rumah

Namun, cara satu ini mungkin sedikit menakutkan dan menjijikkan. Namun, apabila kamu tidak takut atau merasa jijik, ini bisa menjadi cara paling sederhana menyingkirkan siput dari tanaman. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.