Kompas.com - 29/11/2021, 13:22 WIB
Ilustrasi tanaman sayur dalam ruangan Unsplash/Sixteen Miles OutIlustrasi tanaman sayur dalam ruangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkebun sayuran dalam ruangan adalah tren yang terus berkembang. Namun menanam sayuran dalam pot di ruangan lebih dari sekadar tren singkat.

Hal ini mengingat kekhawatiran atas keamanan pangan, pemanasan global, dan kebutuhan untuk mengurangi jejak karbon yang terus meningkat membuat banyak konsumen mencari produk sayuran yang sehat dan alami. 

Baca juga: Tips Merawat Tanaman dalam Ruangan untuk Pemula

Tak hanya itu, mempelajari cara menanam sayuran dalam ruangan bisa menciptakan sumber makanan sepanjang tahun, menghasilkan sayuran yang aman, ramah lingkungan, serta menghemat pengeluaran. 

Bila tertarik memulai kegiatan berkebun ini, berikut delapan tanaman sayur yang bisa ditanam dalam ruangan menggunakan pot dilansir dari Gardening Know How, Senin (29/11/2021).  

Baca juga: Catat, Dampak Pemberian Pupuk Urea Secara Berlebihan pada Tanaman  

Microgreens

Ilustrasi microgreensShutterstock Ilustrasi microgreens
Saat pertama kali mempelajari cara menanam sayuran dalam ruangan, pertimbangkan menanam microgreens.

Microgreens adalah salah satu tanaman yang paling mudah dibudidayakan dan hanya membutuhkan waktu dua sampai empat minggu untuk mencapai ukuran yang dapat dipanen.

Selain itu, microgreens membutuhkan empat hingga enam jam sinar matahari setiap harinya serta dapat ditanam menggunakan cahaya buatan. 

Baca juga: 3 Tips Menanam Tanaman Sayur di Kebun Kecil 

Kecambah

Siap dalam waktu sekitar dua minggu, kecambah adalah salah satu sayuran tercepat dalam ruangan yang bisa ditanam.

Beli benih yang khusus untuk kecambah karena banyak benih diberikan fungisida. Pastikan mengikuti panduan budidaya untuk menghindari kontaminasi oleh patogen penyebab penyakit. 

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Menyiram Tanaman Sayuran? Ini Penjelasannya

Selada hijau

Ilustrasi selada yang ditanam dengan sistem hidroponik.PEXELS/JATUPHON BURAPHON Ilustrasi selada yang ditanam dengan sistem hidroponik.
Selada hijau adalah salah satu sayuran dalam ruangan yang paling mudah ditanam. Pastikan tanaman memperoleh minimal enam jam sinar matahari per hari dan akan memanennya dalam waktu sekitar empat sampai delapan minggu. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.