Kompas.com - 29/11/2021, 10:53 WIB
Ilustrasi pintu kulkas. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICAIlustrasi pintu kulkas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas atau lemari es adalah salah satu dari sedikit peralatan rumah tangga yang beroperasi terus-menerus, jadi menjaganya dalam kondisi prima sangat penting.

Meluangkan waktu secara teratur untuk melakukan beberapa tugas perawatan sederhana akan membantu kulkas bekerja lebih efisien, membantu menghemat biaya energi dan tagihan perbaikan kulkas yang mahal.

Dilansir dari Ahs, Senin (29/11/2021), perawatan yang tepat juga dapat membantu meminimalkan keausan pada alat dan membantu Anda menghindari masalah kulkas dan dapat meningkatkan masa pakainya. Berikut beberapa langkah perawatan kulkas yang bisa diterapkan.

Baca juga: Penyebab Bunga Es pada Kulkas dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi kulkas, lemari es.SHUTTERSTOCK/MAYA KRUCHANKOVA Ilustrasi kulkas, lemari es.

1. Bersihkan koil kondesor

Meskipun Anda mungkin tidak dapat melihat koil atau gulungannya, menjaganya agar bebas dari debu, kotoran, dan bulu hewan peliharaan benar-benar membantu kulkas beroperasi dengan lebih lancar dan efisien.

Gulungan koil kondensor biasanya terletak di bagian bawah atau di belakang kulkas.

Anda dapat membeli alat pembersih kumparan khusus untuk pekerjaan itu, tetapi alat penyedot debu atau sikat kaku juga dapat membantu. Jalankan saja penyedot debu atau sikat di atas dan di bawah kumparan, singkirkan debu.

Bersihkan juga kipas kondensor. Koil harus dibersihkan dengan cara ini sekali atau dua kali setahun, dan lebih sering jika Anda memiliki hewan peliharaan. 

Baca juga: Trik Menyimpan Ragam Bahan Makanan di Dalam Kulkas

2. Pertahankan suhu kulkas

Periksa suhu di kedua bagian kulkas Anda, termasuk di freezer. Hal ini penting untuk keamanan pangan serta untuk membantu kulkas bekerja secara efisien.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Ahs
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.