Kompas.com - 09/07/2021, 08:44 WIB
Ilustrasi tomat, tanaman tomat. PIXABAY/PIXEL2013Ilustrasi tomat, tanaman tomat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam sayuran di rumah berarti harus memperhatikan sinar matahari juga. Beberapa sayuran membutuhkan sinar matahari penuh agar dapat tumbuh dan bertahan hidup dengan baik.

Dilansir dari Gardening Know How, Jumat (9/7/2021), sayuran-sayuran ini membutuhkan minimal 6 jam sinar matahari langsung per hari. Sinar matahari langsung tidak dinaungi atau disaring oleh bangunan, pohon, pagar, teralis atau tanaman sayuran kebun lainnya.

Sementara 6 jam dianggap minimum, beberapa sayuran bahkan mungkin memerlukan 8 jam atau lebih sinar matahari.

Baca juga: Sering Dibuang, Kulit Buah dan Sayuran Ini Bisa Menyuburkan Tanaman

Sayuran-sayuran ini menggunakan energi yang diperoleh dari sinar matahari melalui fotosintesis untuk menghasilkan buah. Meskipun tanaman sayuran ini dapat tumbuh di tempat yang kurang cerah, namun tidak akan seproduktif yang menerima banyak sinar matahari setiap hari.

Untuk menentukan area taman atau halaman rumah yang menerima paparan sinar matahari penuh, Anda dapat membeli perangkat untuk mengukur sinar matahari atau menggunakan aplikasi di ponsel.

Perlu juga diingat bahwa banyak sayuran matahari penuh terbaik juga dapat ditanam dalam pot di balkon atau teras yang cerah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut ini beberapa tanaman sayuran yang membutuhkan sinar matahari langsung

Baca juga: Cara Menanam Sayuran dan Tanaman Herbal di Lahan Terbatas

1. Kacang-kacangan

Dari kacang hijau hingga kacang polong kering, sayuran dengan sinar matahari penuh ini adalah salah satu yang paling mudah ditanam. Saat menanam varietas tiang, pertimbangkan penempatan teralis agar tidak menaungi tanaman lain yang juga membutuhkan banyak sinar matahari.

2. Jagung

Jagung memberikan dukungan untuk kacang dan memberikan naungan minimal pada labu yang tumbuh di sekitar pangkal batang.

3. Mentimun

Dari mentimun kecil hingga irisan besar, sayuran yang renyah dan menyegarkan ini menyukai kehangatan serta banyak cahaya yang diberikan oleh matahari.

4. Terong

Sayuran ungu yang lezat ini bisa sulit tumbuh di iklim yang lebih dingin. Lokasi sinar matahari penuh dan perhatian pada hama kumbang dan kutu menjadi kunci terong tetap sehat dan produktif.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.