Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Mengelompokkan Tanaman Hias Dalam Ruangan? Perhatikan 6 Hal Ini

Kompas.com - 29/11/2021, 15:14 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Treehugger

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa tanaman hias yang dapat menjadi titik fokus ketika diletakkan secara sendiri di sebuah ruangan seperti Monstera deliciosa raksasa.

Namun, ada beberapa jenis tanaman yang lebih baik diletakkan secara berkelompok di dalam ruangan. 

Baca juga: 8 Tanaman Sayur yang Bisa Ditanam Dalam Ruangan Menggunakan Pot

Di alam liar, tanaman mengelompokkan diri secara alami berdasarkan kebutuhannya. Jadi, mengapa tidak memberi tanaman pertimbangan yang sama ketika diletakkan di rumah?

Mengelompokkan tanaman yang tumbuh subur dalam kondisi yang sama dan kebutuhan yang sama dapat membuat perawatannya menjadi lebih mudah. 

Bagi sebagian orang, cara ini membantu tanaman membentuk bioma mini mereka sendiri. Misalnya, mengelompokkan tanaman yang menyukai kelembapan secara berdekatan dapat membantu menciptakan kantong kelembapan untuk setiap tanaman dalam kelompok. 

Baca juga: Tips Merawat Tanaman dalam Ruangan untuk Pemula

Sementara itu, jika meletakkan tanaman yang menyukai naungan dan tanaman yang menyukai sinar matahari pada satu area, setidaknya salah satunya dan mungkin keduanya tidak akan menikmatinya.

Untuk itu, melansir dari Treehugger, Senin (29/11/2021), berikut sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan saat mengelompokkan tanaman dalam ruangan

Baca juga: Catat, Dampak Pemberian Pupuk Urea Secara Berlebihan pada Tanaman 

Pencahayaan 

Hal pertama yang perlu dilakukan saat mengelompokkan tanaman dalam ruangan adalah kelompokan berdasarkan cahaya rendah hingga terang serta tanaman dengan kebutuhan cahay langsung dan tidak langsung. 

Kelembapan

Kedua, kelompokkan tanaman berdasarkan kelembapannya. Misalnya, tanaman tropis suka dengan area lembap, sedangkan sukulen tidak begitu banyak. Dengan demikian, tanaman ini  tidak dapat dikelompokkan menjadi satu.  

Baca juga: Manfaat Garam Dapur Sebagai Pupuk Tanaman dan Cara Mengaplikasikannya

Suhu

Tanaman yang peka terhadap suhu dingin mungkin tidak suka diletakkan pada ambang jendela saat musim dingin yang berangin. Begitu pun tanaman peka panas harus dijauhkan dari pemanas dan ventilasi. 

Penyiraman 

Ilustrasi tanaman hias dalam potUnsplash/Annie Spratt Ilustrasi tanaman hias dalam pot
Proses menyiram tanaman akan lebih mudah jika tanaman membutuhkan lebih banyak penyiraman secara bersama. Dengan cara ini, Anda juga bisa menghemat waktu penyiraman. 

Baca juga: Mengapa Batang Tanaman Bunga Anggrek Berubah Warna Jadi Cokelat? 

Ramah terhadap hewan peliharaan 

Ada banyak tanaman beracun bagi hewan peliharaan dan kelompokkan tanaman ini bersama-sama di tempat yang tidak terjangkau atau jauh dari sahabat bulu. 

Estetika 

Setelah menentukan tanaman yang hendak dikelompokkan, pertimbangkan bagaimana tanaman terlihat bersama untuk membuat pengelompokan akhir.

Umumnya, tanaman yang tumbuh bersama akan terlihat baik secara berkelompok karena memiliki persyaratan yang sama dan fitur pelengkap. 

Baca juga: 7 Tanaman Pereda Stres dan Cemas yang Cocok untuk Meja Kantor

Kelompokkan tanaman berdasarkan bentuk dan ukuran daun secara harmonis. Bisa pula mengelompokkan berdasarkan tinggi tanaman serta beberapa dengan tekstur berbeda.

Ingat juga bahwa angka yang tidak rata seperti tiga atau lima adalah standar desain yang baik saat mengelompokkan objek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Treehugger
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com