Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembang Diajak Pasarkan Kredit Agunan Rumah

Kompas.com - 28/11/2021, 10:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk memacu penyaluran kreditnya dengan berbagai jurus. Salah satunya menawarkan program istimewa Kredit Agunan Rumah (KAR) kepada developer atau pengembang properti.

KAR bagi developer ini selain suku bunga kreditnya yang menarik, plafond KAR bisa menyentuh Rp 10 miliar. Program ini dijadikan andalan BTN untuk mengejar pencapaian target KAR yang tahun ini dipatok dapat menembus Rp 1 triliun.

“Untuk mendorong pencapaian target tersebut, Kami menyasar para developer, khususnya developer yang masuk kategori developer prima yang loyal dengan BTN, sebagai bentuk apresiasi dan menjawab kebutuhan mereka,” kata Kepala Kantor Wilayah V BTN Teguh Wahyudi dalam siaran pers, Minggu (28/11/2021).

Baca juga: Pengembang Didorong Hadirkan Perumahan Ramah Lingkungan

Mitra pengembang yang menjadi developer prima, lanjut Teguh, adalah developer yang memiliki kinerja positif, berkomitmen terhadap kewajibannya dan senantiasa mendukung BTN dalam menyukseskan Program Sejuta Rumah. Adapun jumlah developer prima BTN di Indonesia mencapai 148.

“Sementara di Makassar sendiri ada sekitar 21 developer yang aktif dan kami yakin KAR untuk developer ini akan mendapat sambutan baik,” papar Teguh.

Teguh menjelaskan sosialisasi program KAR tidak hanya digelar di Makassar tapi di kota besar lainnya seperti Jakarta, Bogor, Surabaya dan Yogyakarta. Dalam program ini, BTN memberikan sejumlah promo di antaranya 50 persen diskon biaya provisi dan administrasi serta biaya pra realisasi yang dapat dimasukkan dalam plafond kredit.

Selain developer prima, BTN juga memberikan program KAR istimewa bagi para notaris.

Baca juga: Pengembang Perumahan Ini Dapat Kredit Rp 2 Triliun dari BTN

“Peran notaris sangat penting untuk kelancaran bisnis Bank BTN, jadi kami juga berikan apresiasi yang sama layaknya developer prima," terang Teguh.

Sementara itu di tempat terpisah, Executive Vice President Nonsubsidized Mortgage & Personal Lending Division (NSLD) BTN Suryanti Agustinar menjelaskan program istimewa ini merupakan salah satu upaya untuk mempererat hubungan BTN dengan para mitra terutama developer dan Notaris.

Program ini pun dipoles dengan beragam keistimewaan diantaranya suku bunga kredit yang menarik, dengan plafond kredit minimal Rp 2 miliar hingga maksimal Rp 10 miliar tergantung dari rating developer tersebut menurut penilaian BTN.

“Untuk syarat dan ketentuan tersebut, kami memperhatikan cashflow pengembang, bagaimana loyalitas mereka, dan performa selama ini,” papar dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com