Kompas.com - 28/11/2021, 08:33 WIB
Ilustrasi menghilangkan bau pada saluran air di dapur dengan baking soda. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOVIlustrasi menghilangkan bau pada saluran air di dapur dengan baking soda.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saluran air di wastafel dapur atau bak cuci piring kerap menimbulkan bau tidak sedap. Namun, jangan khawatir, sebab ada beberapa cara alami yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bau.

Dikutip dari Treehugger, Minggu (28/11/2021), pertama, singkirkan kotoran atau sisa makanan dari saluran pembuangan air yang dapat menangkap sabun atau lemak yang dapat menumpuk dan menyebabkan bau.

Gunakan stik plastik pembersih yang murah dan dapat ditekuk yang mencengkeram kotoran dan menariknya keluar. Kemudian, gunakan dua langkah sederhana ini untuk menghilangkan bau secara alami.

Baca juga: 4 Langkah Membersihkan Saluran Pembuangan Sampah Wastafel Dapur

Ilustrasi wastafel dapur, keran dapurUnsplash/Chastity Cortijo Ilustrasi wastafel dapur, keran dapur

1. Mulailah dengan air mendidih

Rebus air hingga ketel penuh dan tuangkan perlahan ke saluran air di dapur. Ini mungkin cukup untuk menghilangkan apa pun yang menyebabkan bau.

Jika tidak menghilangkan bau, tambahkan beberapa bahan ke dalam air mendidih.

2. Baking soda, cuka, dan air mendidih

Hunker merekomendasikan untuk menuangkan baking soda alias soda kue ke saluran pembuangan dan membiarkannya sebentar, lalu menuangkan cuka ke saluran pembuangan.

Terakhir, bilas semuanya dengan air mendidih.

Baca juga: Tips Membersihkan Saluran Kamar Mandi yang Mampet

3. Jangan lupa memeriksa saringan pada saluran air

Mungkin kotoran atau sisa makanan telah menumpuk yang menyebabkan bau yang tidak sedap. Oleh sebab itu, bersihkan saringan pada saluran air.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Treehugger
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.