Kompas.com - 27/11/2021, 17:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Tanaman ular atau tanaman lidah mertua merupakan salah satu jenis tanaman sukulen yang kerap dijadikan sebagai tanaman hias di rumah.

Tanaman ini dapat bertahan dalam kondisi yang paling keras dan tidak terlalu menuntut dalam hal kebutuhan perawatan. Namun, tanaman ular tidak kebal terhadap penyakit, bahkan bisa mati karenanya.

Tetapi sebelum mereka mati, Anda perlu mengidentifikasi tanda-tanda kematian dan mencoba menghidupkan kembali tanaman Anda.

Melansir dari Cactusway pada Sabtu (27/11/2021) berikut ini ciri dan tanda tanaman lidah mertua sekarat atau hampir mati.

Baca juga: 5 Lokasi Terbaik Meletakkan Tanaman Lidah Mertua Menurut Feng Shui

Bintik coklat

Masalah paling umum dengan tanaman lidah mertua ialah adanya bintik-bintik coklat. Pada awalnya, bintik-bintik ini kecil dan terlihat seperti partikel debu di permukaan daun.

Jika dibiarkan tanpa pengawasan, bintik kecil ini bisa berubah menjadi bercak mati besar berwarna coklat tua atau hitam.

Jika Anda melihat bintik-bintik cokelat kecil, itu pertanda bahwa tanaman Anda sudah mati dari akar ke atas.

Bintik-bintik coklat sebenarnya adalah akibat dari infeksi jamur yang disebabkan oleh penyiraman yang berlebihan dan sirkulasi udara yang buruk.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Kirkii Silver Blue, Kerabat Lidah Mertua

Batang tanaman mati

Anda mungkin juga memperhatikan bahwa beberapa batang atau daun tanaman Anda layu dan mati.

Tanda-tanda ini biasanya disebabkan oleh penyiraman yang berlebihan, tetapi tidak selalu demikian.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.