Kompas.com - 28/11/2021, 09:50 WIB
Ilustrasi repotting tanaman hias. FREEPIK/SENIVPETROIlustrasi repotting tanaman hias.

JAKARTA, KOMPAS.com- Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum repotting tanaman ke pot yang lebih besar.

Sebab, tidak semua tanaman membutuhkan repotting. Ada tanaman yang dapat tumbuh subur meski di pot yang kecil.

Namun, ada juga beberapa tanaman yang harus dipindahkan ke pot yang lebih besar karena akarnya sudah merambat dan pot kecil tidak mendukung pertumbuhannya dengan baik.

Oleh sebab itu, penting mengetahui tanda-tanda tanaman perlu di repotting. Melansir dari Well and Good pada Minggu (28/11/2021) berikut ini tanda tanaman perlu di-repotting.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Menyebabkan Tanaman Herbal Mati Setelah Repotting

Akar keluar dari dasar pot

Lihatlah bagian bawah tanaman Anda. Jika akarnya keluar dari lubang drainase, berarti ia kehabisan ruang di pot tersebut dan perlu segera dipindahkan ke pot yang lebih besar sehingga pertumbuhannya membaik.

Anda mungkin juga melihat akar melingkar di sekitar bagian atas atau bawah pot Anda, yang merupakan tanda lain bahwa akar tanaman tersebut membutuhkan lebih banyak ruang.

Baca juga: Simak, Ini Cara Repotting Tanaman Dalam Ruangan

Rasio tanaman dengan pot tidak memadai

Jika Anda memiliki tanaman besar yang ditempatkan pada pot yang sangat kecil, maka kini saatnya memperbarui ukuran pot. Sebab, jika tak segera dilakukan, akan menghambat pertumbuhan tanaman. Gunakan rasio ukuran pot haruslah 1/3 dari 2/3 ukuran tanaman.

Tak hanya itu, pastikan juga tanaman Anda memiliki ruang yang cukup agar ia tumbuh dengan sehat.

Baca juga: Cara Repotting Aglonema agar Bisa Makin Subur dan Cepat Besar

Tanamanmu mulai menguning

Ada banyak alasan untuk daun menguning, dari terlalu banyak air hingga terlalu banyak cahaya. Tetapi jika Anda melihat daun menguning ini muncul tiba-tiba, itu bisa menjadi tanda bahwa sudah waktunya untuk merepoting.

Jika potnya sempit maka akarnya akan terikat dalam tanah sehingga nutrisinya tidak terserap sempurna. Kekurangan nutrisi pada tanaman dapat menyebabkan daun menguning.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Membasmi Hama Agas Jamur pada Tanaman

Tanaman Anda kehilangan banyak daun

Sebuah tanaman yang tiba-tiba menggugurkan daunnya menandakan bahwa sudah saatnya untuk repoting.

Tidak mungkin menjaga semua daun itu tetap sehat ketika tanaman Anda penuh sesak dan akarnya tidak bisa mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung tanaman itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.